Sabtu, Mei 25, 2024

Warga Ciamis yang Merantau di Luar Daerah Ada 15.590 Jiwa

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Warga Ciamis yang merantau atau migrasi ke luar daerah paling tinggi di Jabar. Berdasarkan data BPS Hasil Long Form Sensus Penduduk 2020 Jabar, saya migrasi warga Ciamis sebanyak 22,93 persen.

Warga Ciamis yang migrasi tersebut rela meninggalkan kampung halamannya dalam waktu lama untuk mencari penghasilan.

Plt Kadisdukcapil Ciamis Tini Lastiniwati menuturkan menurut data tahun 2020, ada 15.590 warga Ciamis yang merantau untuk bekerja di luar daerah. Meski migrasi seumur hidup, tapi mereka masih sebagai warga Ciamis.

“Dalam pencatatan administrasi kependudukan, kebanyakan masyarakat yang bekerja ke luar daerah itu rata-rata masih menjadi masyarakat Kabupaten Ciamis,” ujar Tini, Senin (27/2/2023).

Berikut 3 kecamatan yang warganya yang paling banyak merantau ke luar daerah. Kecamatan Ciamis ada 1.387 jiwa, Kecamatan Banjarsari ada 1.041 jiwa dan Pamarican sebanyak 1.064 jiwa. Sedangkan sisanya tersebar pada beberapa kecamatan.

“Perlu kami jelaskan bahwa pencatatan kependudukan hitungannya berdasarkan dejure (secara hukum). Jadi kami tidak mengetahui secara pasti berapa persen penduduk yang migrasi. KTP mereka masih sebagai warga Ciamis,” jelasnya.

Tini menyebut warga yang migrasi itu hanya merantau untuk mencari penghasilan. Pada tempat bekerja, warga tersebut sebagai penduduk non permanen. Sedangkan bagi warga yang transmigrasi, penduduk yang bersangkutan pasti pindah ke lokasi baru.

Mereka yang merantau itu akan kembali Ciamis, baik pada momen tertentu seperti lebaran atau waktu lainnya sesuai kehendak.

“Kalau tidak kembali mereka minta surat pindah dari Disdukcapil. Pemkab Ciamis akan mengeluarkan Surat Keterangan Pindah Warga Negara Indonesia (SKPWNI) yang ditujukan ke lokasi pindah,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Viral Ratusan Pencari Kerja Melamar Kerja ke Warung Seblak hingga Antre di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Viral di media sosial video yang memperlihatkan ratusan pencari kerja antre melamar pekerjaan di sebuah warung seblak di Kabupaten Ciamis. Video tersebut...

Melihat Kegiatan Budaya Ngarumat Lembur di Desa Cisontrol Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ratusan warga Desa Cisontrol, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, mengikuti kegiatan budaya Ngarumat Lembur. Kegiatan tersebut digelar pada Rabu (22/5/2024). Ngarumat Lembur tersebut...

Polres Ciamis Punya Lapangan Tembak, Latih Kemampuan Anggota Menembak

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Polres Ciamis kini memiliki lapangan tembak bernama Satya Haprabu 8904. Lapangan tembak tersebut dibangun untuk melatih kemampuan menembak para anggota. Kapolda Jawa...

Pipa Transmisi Gunung Cupu Masih Diperbaiki, Perumda Tirta Galuh Ciamis Bagi Dua Layanan Air Bersih

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pipa Transmisi milik Perumda Tirta Galuh di Gunung Cupu, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis, masih dalam perbaikan. Akibatnya pelayanan distribusi air bersih...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya