Selasa, Februari 27, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Unik! Anak Muda di Ciamis Berhasil Buat Kerajinan Miniatur dari Bambu

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Anak-anak muda yang tergabung dalam kelompok Gubuk Kreasi Ciledug (GKC) Desa Sadewata, Kecamatan Lumbung, Kabupaten Ciamis, berhasil membuat beberapa produk kerajinan miniatur yang siap dipasarkan.

Berawal dari hobby, kemudian mereka bergabung dan membuat sebuah kelompok, sehingga berhasil membuat kerajinan yang diantaranya ada Bonsai Kelapa, Miniatur Kapal Laut dan Bunga Plastik.

Yogi, pengrajin bonsai kelapa mengatakan, anggota kelompok yang aktif ada 10 orang, dan yang sudah berhasil mengeluarkan produk baru 4 orang.

“Untuk pemasaran, kita masih online melalui sosial media seperti facebook dan pesan whatsapp,” ujar Yogi, Jumat (19/2/2021).

Untuk varian harga kerajinan miniatur, lanjut Yogi, yang paling rumit dibandrol dengan harga 500 ribu, dan untuk yang biasa, kisaran 150-300 ribu. Sedangkan bonsai kelapa, tergantung usia. Ada yang harga 50 ribu sampai 500 ribu.

“Harga RP 50 ribu itu yang berusia 1 bulan, tetapi daunnya sudah lebat. Dan yang Rp 500 ribu, usianya di atas 1 tahun,” terangnya.

Kata Yogi, untuk penjualan kerajinan miniatur secara online hanya menerima sekitaran Jawa Barat. Hal tersebut karena kalau diluar itu, ongkos kirim barangnya lumayan mahal, jadi konsumen sering keberatan.

“Kedepannya semoga bisa merangkul para pemuda setempat, dan juga masuk ke pameran-pameran. Semoga ini memotivasi yang lain, dan bisa menghasilkan hobby jadi uang,” pungkasnya. (Dilan/CN/DJavatoday)

Bank Sampah Kartini Dapat Bantuan dari BRI Ciamis, Ada Mobil Pikap untuk Angkut Sampah

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bank Sampah Kartini di Desa Imbanagara Raya, Kabupaten Ciamis, mendapat bantuan dari BRI Ciamis. Bantuan itu berupa 1 mobil Pikap pengangkut...

Tiga Nama Calon Sekda Ciamis yang Ditetapkan Hasil Seleksi Terbuka

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis telah melakukan seleksi terbuka untuk mengisi jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Ciamis. Dari 8 pejabat yang mengikuti seleksi, kini sudah...

Rumah Terseret Longsor, Olis Dapat Bantuan dari Dinsos Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Ciamis menyerahkan bantuan kepada Olis warga Dusun Bojongsereh, Desa Ciomas, Kecamatan Panjalu, Ciamis, yang rumahnya terseret longsor. Peristiwa...

Simak! Jadwal 5 Tradisi Jelang Ramadan 2024 di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bulan Ramadan tinggal beberapa hari lagi. Menjelang Bulan Ramadan, ada berbagai tradisi budaya yang biasa digelar masyarakat Tatar Galuh Ciamis. Biasanya...
spot_img

Terpopuler

Lainnya