Minggu, Oktober 17, 2021

Uji Adrenalin di Sedekan River Tubing Ciamis, Yuk Cobain

Satu lagi destinasi wisata yang cocok bagi kamu yang menyukai tantangan, yaitu Sedekan River Tubing. Lokasinya berada di Desa Mekarjadi Kecamatan Sadananya Kabupaten Ciamis. Untuk menuju lokasi ini, diperlukan waktu sekitar 15 sampai 20 menit perjalanan dari pusat kota Ciamis.

Sedekan River Tubing ini  memanfaatkan aliran Sungai Cileueur yang airnya bersumber dari Gunung Sawal. Kegiatan ini akan terasa lebih seru jika hujan turun, sebab aliran sungainya akan menjadi lebih deras sehingga lebih memacu adrenalin. Wisata Sedekan River Tubing  memiliki tiga sajian wahana, yaitu wahana ayun ambing, flying fox dan juga tubing.

Baca juga:

Wahana tubing ini mirip dengan kegiatan arung jeram, namun bedanya tubing menggunakan ban dalam mobil sebagai perahu.  Kamu bisa menikmati kegiatan tubing ini dengan menyusuri sungai dengan trek sepanjang kurang lebih 2,5 km. Satu ban dinaiki oleh satu orang. Biasanya kegiatan ini dimainkan secara kelompok. Satu grup terdiri dari 10 sampai 15 orang.

Untuk menikmati wahana ini, kamu cukup mengeluarkan biaya sekitar Rp. 15.000. Wahana ini juga terbilang aman bagi kamu yang takut bermain air, sebab sungainya tidak terlalu dalam. Selain itu, disini juga sudah disediakan pelampung dan helm sebagai alat pelindung diri. Wahana river tubing ini didampingi oleh 5-6 pemandu profesional yang sebelumnya sudah dilatih.

Sedekan River Tubing Perlu Penataan Lebih Lanjut

Pengelola Sedekan River Tubing, menjelaskan pada awalnya kegiatan river tubing ini hanya dimanfaatkan oleh para pemuda untuk menyalurkan hobi mereka dengan perlengkapan seadanya. Namun setelah ada masukan dari berbagai pihak, mereka mulai mengelola dan menjadikannya sebagai salah satu destinasi wisata.

Tempat wisata ini dibangun secara mandiri dengan melakukan kerjasama antara Karang Taruna Dusun Sedekan Unit Kerja 8 dan Komunitas Tubing di Ciamis. Maka tak heran, jika pengembangan penataan wisata ini masih belum bisa diselesaikan dengan baik dan cepat. Fasilitas seperti naungan untuk bersantai dan berjualan juga masih belum ditata dengan baik.

Jika pengelolaannya sudah baik dan tertata, maka tidak hanya pemuda saja yang telah diberdayakan, tetapi masyarakatnya pun juga. Dengan begitu, wahana wisata ini juga diharapkan dapat membantu perekonomian masyarakat Dusun Sedekan. (Willy/Djavatoday)

Baca juga : Wisata Keluarga Kampung Sawah Talagasari Kawali

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU