Minggu, April 14, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Tingkatkan Layanan Informasi dan Data, Bappeda Ciamis Luncurkan Aplikasi Si Keren Eko

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis melalui Bappeda Ciamis terus berinovasi guna memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat. Dalam era teknologi informasi saat ini Bappeda Ciamis meluncurkan aplikasi Si Keren Eko.

Aplikasi Si Keren Eko ini tujuannya meningkatkan layanan informasi dan data bagi masyarakat dan internal. Terutama mengenai informasi publik dan sektoral dari setiap instansi lingkungan perekonomian.

Peluncuran aplikasi tersebut digelar di Aula Bappeda Ciamis, Kamis (23/11/2023) oleh Kepala Bappeda Ciamis David Firdha.

David menuturkan aplikasi tersebut dapat menyediakan data yang akurat, informasi yang bermutu, dan terbarukan. Menurutnya, pentingnya data yang tepat guna dalam mendukung pengambilan kebijakan, terutama dalam bidang perekonomian dan sumber daya alam.

“Kebijakan apapun yang diambil, khususnya menyangkut fungsi perekonomian dan sumber daya alam (SDA) tentu berbasis data yang akurat dan informasi yang bermutu. Sehingga kebijakan itu tidak bias dan tidak salah arah,” jelas David.

Aplikasi Si Keren Eko hadir sebagai jawaban atas respons terhadap keterbatasan data yang akurat dan terkini pada lingkup tugas Bappeda.

“Harapannya dapat mempermudah akses masyarakat terhadap data digital, terutama terkait bidang perekonomian,” ujarnya.

Kabid Perekonomian dan SDA Bappeda Ciamis, drh hj Reti Nugrahawati menambahkan, aplikasi Si Keren Eko juga memberikan akses kepada pengguna untuk mendapatkan berita dan informasi terkini dari 8 OPD. Yakni UMKM, Pariwisata dan lainnya.

“Aplikasi ini harapannya dapat menjadi wahana penyimpanan data digital bagi SDM internal di Bappeda. Misalnya, data rapat, pelatihan, dan kegiatan lapangan dapat disimpan secara digital, memudahkan akses saat dibutuhkan di masa mendatang,” jelas Reti.

Inovasi dan inisiatif ini bisa membawa efisiensi dan konsistensi pada pengelolaan data dan informasi Perekonomian Ciamis. (Ayu/CN/Djavatoday)

7 Keluarga Korban Pergerakan Tanah di Panawangan Dapat Bantuan dari Dinsos Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Beberapa hari terakhir ini sejumlah daerah di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, dilanda bencana. Seperti pergerakan tanah di Desa Nagarapageuh, Kecamatan Panawangan...

Dinsos Ciamis Salurkan Bantuan Bagi 3 Keluarga yang Rumahnya Terendam Banjir saat Lebaran

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Sosial (Dinsos) Ciamis menyalurkan bantuan untuk 3 keluarga yang rumahnya terendam banjir di Kelurahan Ciamis pada saat hari H Lebaran....

Dua Rumah di Sadananya Terdampak Longsor, Polsek Ciamis Gotong Royong Bareng Warga

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dua rumah di dua desa Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis, terdampak longsor akibat hujan deras, Jumat (12/4/2024). Anggota Polsek Ciamis Polres Ciamis...

Cerita Yeni Raup Cuan Pemudik di Gapura Ciamis Setiap Lebaran Sejak 2002

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Berkah musim mudik Lebaran Idul Fitri dirasakan warga atau pemilik warung yang berada di jalur mudik Ciamis. Seperti yang dirasakan oleh...

Terpopuler

Lainnya