Sabtu, Maret 2, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Tidak Digaji Perusahaan, Puluhan Pegawai Ngadu Ke Disnaker Ciamis

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebanyak 44 pegawai mendatangi kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Ciamis, Senin (1/3/2021).

Mereka bermaksud mengadu lantaran tidak digaji oleh perusahaannya yang baru membuka cabang di Ciamis. Para pegawai pun meminta mengembalikan uang untuk sertifikat kompetensi (Serkom).

Seorang pegawai Eva Yuliana mengaku saat pertama masuk perusahaan tersebut menjadi pegawai administrasi pada bulan Desember. Kemudian diharuskan membayar Rp 4 juta untuk biaya Serkom. Ia pun dijanjikan digaji Rp 4,2 juta.

“Tapi saat akhir Desember kemarin tidak ada gaji maupun SK. Katanya dijanjikan nanti bulan Januari, juga Februari tapi tidak ada juga,” ungkapnya.

Eva bersama puluhan warga lainnya datang ke Disnakertrans Ciamis meminta difasilitasi agar uang Serkom dikembalikan, sebab sampai saat ini ujian Serkom belum dilaksanakan.

“Bahkan ada teman lainnya yang sudah 5-6 bulan. Kami juga sudah pernah ada pertemuan dengan perusahaan dimediasi tapi tidak ada titik temu,” ungkapnya.

Pegawai lainnya Yoga Sugiani yang bekerja mencari konsumen pun mengaku tidak digaji 6 bulan. Selain menutut gaji, ia pun meminta kembali uang untuk Serkom. Bahkan untuk membayar uang tersebut ia meminjam ke Bank.

“Saya menuntut gaji dibayar dan meminta kembali uang untuk Serkom. Sudah 6 bulan tidak dibayar dijanjikan gaji Rp 4,2 juta,” katanya.

Sementara itu, Kepala Disnakertrans Ciamis Asep Dedi membenarkan kedatangan para pegawai sebuah perusahaan jasa. Mereka mengadu agar perusahaan menggaji dan mengembalikan uang Serkom.

“Kami sebetulnya sudah mengundang perusahaan pada Jumat kemarin. Tapi karena kepengawasan di ranah Provinsi jadi kami berkirim surat ke pengawasan. Nanti kami juga akan kembali mengundang perusahaan sekaligus pengawasan dari Provinsi,” ucapnya.

Melihat dari dokumen yang ada, Dedi mengatakan perusahaan tersebut legal hanya saja belum melapor ke Disnakertrans Ciamis. Sebab, bila memperkerjakan banyak orang perusahaan harus melaporkannya. (CN/AY/Djavatoday)

Warga Baregbeg Ciamis yang Meninggal Dunia Akibat Terjangkit DBD Jadi 2 Orang

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dalam kurun waktu bulan Januari-Februari 2024, sebanyak 2 warga Baregbeg, Kabupaten Ciamis, meninggal dunia akibat terjangkit demam berdarah Dengue (DBD). Kepala Desa...

Tradisi Nadran di Situs Buyut Mangun Tapa Baregbeg Ciamis Bakal Digelar Meriah

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Masyarakat Desa Baregbeg, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, biasa melaksanakan Tradisi Nadran di Situs Buyut Mangun Tapa. Tradisi ini digelar setiap menjelang...

Bupati Ciamis Apresiasi Kerja Keras PKK Tanpa Imbalan untuk Pembangunan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bupati Ciamis Herdiat.Sunarya mengapresiasi kerja keras, kontribusi dan peran PKK dalam pembangunan di Tatar Galuh Ciamis. Hal itu Herdiat sampaikan saat...

Rapat Pleno Rekapitulasi Suara Pemilu 2024 Dimulai, Ini Pesan Bupati Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Rapat pleno terbuka rekapitulasi perolehan suara dan penetapan hasil Pemilu 2024 tingkat Kabupaten Ciamis mulai digelar. Kegiatan dilaksanakan di Lapang Tenis...
spot_img

Terpopuler

Lainnya