Kamis, Juli 18, 2024

Tidak Digaji Perusahaan, Puluhan Pegawai Ngadu Ke Disnaker Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebanyak 44 pegawai mendatangi kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Ciamis, Senin (1/3/2021).

Mereka bermaksud mengadu lantaran tidak digaji oleh perusahaannya yang baru membuka cabang di Ciamis. Para pegawai pun meminta mengembalikan uang untuk sertifikat kompetensi (Serkom).

Seorang pegawai Eva Yuliana mengaku saat pertama masuk perusahaan tersebut menjadi pegawai administrasi pada bulan Desember. Kemudian diharuskan membayar Rp 4 juta untuk biaya Serkom. Ia pun dijanjikan digaji Rp 4,2 juta.

“Tapi saat akhir Desember kemarin tidak ada gaji maupun SK. Katanya dijanjikan nanti bulan Januari, juga Februari tapi tidak ada juga,” ungkapnya.

Eva bersama puluhan warga lainnya datang ke Disnakertrans Ciamis meminta difasilitasi agar uang Serkom dikembalikan, sebab sampai saat ini ujian Serkom belum dilaksanakan.

“Bahkan ada teman lainnya yang sudah 5-6 bulan. Kami juga sudah pernah ada pertemuan dengan perusahaan dimediasi tapi tidak ada titik temu,” ungkapnya.

Pegawai lainnya Yoga Sugiani yang bekerja mencari konsumen pun mengaku tidak digaji 6 bulan. Selain menutut gaji, ia pun meminta kembali uang untuk Serkom. Bahkan untuk membayar uang tersebut ia meminjam ke Bank.

“Saya menuntut gaji dibayar dan meminta kembali uang untuk Serkom. Sudah 6 bulan tidak dibayar dijanjikan gaji Rp 4,2 juta,” katanya.

Sementara itu, Kepala Disnakertrans Ciamis Asep Dedi membenarkan kedatangan para pegawai sebuah perusahaan jasa. Mereka mengadu agar perusahaan menggaji dan mengembalikan uang Serkom.

“Kami sebetulnya sudah mengundang perusahaan pada Jumat kemarin. Tapi karena kepengawasan di ranah Provinsi jadi kami berkirim surat ke pengawasan. Nanti kami juga akan kembali mengundang perusahaan sekaligus pengawasan dari Provinsi,” ucapnya.

Melihat dari dokumen yang ada, Dedi mengatakan perusahaan tersebut legal hanya saja belum melapor ke Disnakertrans Ciamis. Sebab, bila memperkerjakan banyak orang perusahaan harus melaporkannya. (CN/AY/Djavatoday)

Calon Pengantin Diwajibkan Setor Tunas Kelapa, Begini Penjelasan Pemda Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pasangan calon pengantin di Kabupaten Ciamis, harus menyetorkan atau menanam tunas kelapa atau kitri saat akan melangsungkan pernikahan. Wacana itu dikeluarkan...

Rumah di Purwadadi Ciamis Terbakar Diduga Akibat Korsleting Listrik

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Rumah milik Supangat lansia berusia 60 tahun di Dusun Sukamulya, Desa Purwadadi, Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Ciamis, hangus terbakar. Peristiwa itu terjadi...

Masih Sakit, Satu Jemaah Haji Ciamis Tidak Pulang ke Tanah Air

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Satu orang jemaah haji asal Kabupaten Ciamis dari kloter 53 JKS tidak pulang ke tanah air. Hal itu karena sakit dan...

BPPD Ciamis Akan Gelar Tiba-tiba Touring Jilid IV, Ini Rutenya

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dalam upaya mempromosikan wisata yang ada di Kabupaten Ciamis, BPPD Ciamis akan melaksanakan Tiba-tiba Touring. Tiba-tiba Touring yang saat ini sudah keempat...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya