Rabu, Juni 19, 2024

Terdakwa Kasus Video Mesum Oknum Guru di Ciamis Divonis 4 Tahun Bui

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Oknum guru berinisial KR, terdakwa kasus video mesum di Ciamis divonis 4 tahun penjara oleh hakim Pengadilan Negeri Ciamis. KR dinyatakan bersalah telah menyebarkan video mesum yang diperankan oleh dirinya bersama selingkuhannya.

Sidang putusan tersebut berlangsung pada Selasa (24/1/2023) . Selain hukuman penjara 4 tahun, terdakwa juga mendapat hukuman denda Rp250 juta subsidair 2 bulan. Terdakwa terjerat pasal 29 undang-undang nomor 44 tahun 2008 tentang pornografi.

Atas putusan hakim Pengadilan Negeri Ciamis tersebut, penasihat hukum menyatakan pikir-pikir.

Maman Sutarman, penasihat hukum terdakwa menyatakan vonis itu lebih berat dari tuntutan JPU yang hanya 3,5 tahun dengan denda Rp250 juta subsidair 2 bulan.

“Dua Minggu kebelakang JPU membacakan tuntutan 3,5 tahun dengan denda Rp250 juta subsidair 2 bulan. Kemarin tanggal 24 Januari 2023 telah sidang putusan, 4 tahun denda Rp250 juta subsidair 2 bulan,” ujar Maman, Rabu (25/1/2023).

Foto: istimewa

Maman pun menjelaskan, pemberatan terhadap terdakwa merupakan seorang pendidik. Terdakwa menyebarkan video mesum tersebut kepada suami selingkuhannya dan kepada rekan guru lainnya.

“Kami sudah mengajukan pembelaan, intinya dua belah pihak sudah membuat surat pernyataan ada perdamaian. Intinya mengajukan nota pembelaan telah berdamai dalam persidangan. Perdamaian itu ternyata tidak meringankan. Putusannya lebih tinggi dari tuntutan,” kata Maman.

Alasan putusan tersebut lebih berat karena terdakwa telah mencemarkan nama baik dan merupakan seorang pendidik. Padahal terdakwa bisa saja berpikir tidak melakukannya.

“Atas putusan ini kami pun menyatakan sikap pikir-pikir dalam waktu 7 hari, banding atau pun menerima,” kata Maman.

Sebelumnya, dunia pendidikan Kabupaten Ciamis digegerkan dengan beredarnya video mesum oknum guru di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Video mesum tersebut beredar di sebuah grup perpesanan komunitas guru di wilayah Sukadana. Beredarnya video tersebut menjadi perbincangan di kalangan pendidikan. (Ayu/CN/Djavatoday)

Masuk 3 Besar Penilaian Adminduk Prima Jabar, Ini Inovasi Disdukcapil Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Setelah masuk 3 besar pada penilaian Adminduk Prima Provinsi Jabar, Disdukcapil Ciamis mempunyai beberapa inovasi pelayanan online. Adapun salah satu inovasi tersebut...

Keren, Disdukcapil Ciamis Masuk 3 Besar Lolos Penilaian Adminduk Prima Provinsi Jabar

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Disdukcapil Ciamis, masuk 3 besar lolos penilaian dalam hasil seleksi administrasi Adminduk Prima Provinsi Jawa Barat. Pada kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah Ciamis,...

Bus dan Truk Kecelakaan di Ciamis, Arus Lalu Lintas Sempat Macet

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebuah bus dan mobil truk terlibat kecelakaan di Tanjakan Cibeka, Desa Karangkamulyan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis. Kecelakaan tersebut terjadi Selasa (18/6/2024) sekitar...

Pemkab Ciamis Imbau Panitia Kurban Bagikan Daging Tidak Pakai Kantong Plastik

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis mengeluarkan edaran Nomor : 600.4.15/1068-DPRKPLH. 03/2024 tentang pelaksanaan hari raya Idul Adha 1445/2024 Tanpa Sampah atau Kantong Plastik. Edaran...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya