Rabu, Juni 19, 2024

Terdakwa Kasus Susur Sungai di Ciamis Dituntut 5 Tahun Penjara

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Rofiah, terdakwa kasus insiden susur sungai yang menewaskan 11 orang siswa MTs Harapan Baru Ciamis dituntut 5 tahun penjara oleh JPU (jaksa penuntut umum).

Sidang dengan agenda tuntutan itu digelar di Pengadilan Negeri Ciamis, Jawa Barat, Rabu (1/2/2023). Sidang berlangsung cukup cepat, jaksa hanya membacakan beberapa fakta persidangan dan tuntutan.

Pada sidang tersebut, jaksa penuntut umum (JPU) membacakan tuntutan agar majelis hakim Pengadilan Negeri Ciamis memutuskan, menyatakan terdakwa Rofiah terbukti secara sah dan menyakinkan atas kesalahan atau kealfaannya yang ada dalam dakwaan tunggal pasal 359 KUHPidana.

Mendengar tuntutan tersebut maksimal, terdakwa kasus susur sungai pun langsung menangis histeris. Hingga sidang selesai, terdakwa masih menangis sampai ruang tahanan.

“Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa dengan pidana penjara selama 5 tahun dikurangi dengan masa penahanan yang telah dijalani dan memerintahkan terdakwa tetap ditahan,” ujar JPU dalam sidang.

Adapun yang menjadi pertimbangan JPU, hal yang memberatkan, akibat kelalaian terdakwa mengakibatkan banyak korban meninggal dunia 11 siswa siswi MTs Harapan Baru Cijantung.

“Hal yang meringankan terdakwa menyesali perbuatannya dan tidak pernah dihukum sebelumnya,” ungkap JPU.

Yuliarti, Jaksa penuntut umum, usai sidang mengatakan ada beberapa pertimbangan tuntutan tersebut maksimal. Pertama hal yang memberatkan korban meninggal dunia 11 orang. Kemudian belum adanya perdamaian antara keluarga dengan terdakwa kasus susur sungai.

“Korbannya banyak 11 orang meninggal dunia. Makanya tuntutannya maksimal. Terlebih dari itu kan pihak keluarga korban sampai sidang kali ini pada fakta persidangan menuntut yang seadil adilnya. Belum ada musyawarah mufakat, belum ada perdamaian,” ucapnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Masuk 3 Besar Penilaian Adminduk Prima Jabar, Ini Inovasi Disdukcapil Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Setelah masuk 3 besar pada penilaian Adminduk Prima Provinsi Jabar, Disdukcapil Ciamis mempunyai beberapa inovasi pelayanan online. Adapun salah satu inovasi tersebut...

Keren, Disdukcapil Ciamis Masuk 3 Besar Lolos Penilaian Adminduk Prima Provinsi Jabar

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Disdukcapil Ciamis, masuk 3 besar lolos penilaian dalam hasil seleksi administrasi Adminduk Prima Provinsi Jawa Barat. Pada kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah Ciamis,...

Bus dan Truk Kecelakaan di Ciamis, Arus Lalu Lintas Sempat Macet

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebuah bus dan mobil truk terlibat kecelakaan di Tanjakan Cibeka, Desa Karangkamulyan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis. Kecelakaan tersebut terjadi Selasa (18/6/2024) sekitar...

Pemkab Ciamis Imbau Panitia Kurban Bagikan Daging Tidak Pakai Kantong Plastik

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis mengeluarkan edaran Nomor : 600.4.15/1068-DPRKPLH. 03/2024 tentang pelaksanaan hari raya Idul Adha 1445/2024 Tanpa Sampah atau Kantong Plastik. Edaran...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya