Minggu, April 21, 2024

Taman Hutan Kota di Ciamis Terus Ditata Jadi Tempat Wisata Alternatif

Ciamis (Djavatoday.com),- Keberadaan Taman Hutan Kota di Kelurahan Cigembor, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, menjadi daya tarik tersendiri dari bagi warga perkotaan untuk dijadikan tempat wisata alternatif.

Untuk memberi kenyamanan kepada masyarakat, Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Ciamis kini terus melakukan penataan.

Beberapa fasilitas di Taman Hutan Kota Cigembor Ciamis ini terus diperbaiki. Mulai dari tempat untuk beristirahat, tempat duduk dan toilet umum. Serta nama Menggunakan neon boks agar terlihat indah dipandang.

“Memang beberapa waktu lalu kondisinya sedikit kurang nyaman. Sekarang terus perbaikan supaya keberadaan ruang terbuka hijau di perkotaan ini bisa bermanfaat untuk masyarakat,” ujar Kabid Kebersihan dan Pertamanan DPRKPLH Ciamis Giyatno, Senin (2/10/2020).

Guna menjaga kebersihan taman, pihak dinas juga menyediakan sejumlah tempat sampah di beberapa titil strategis. Agar masyarakat membuang sampah tidak sembarangan. Karena taman akan terlihat indah bila bersih dari sampah.

“Jadi selain ada Alun-alun Ciamis dan Taman Lokasana yang biasa menjadi pusat keramaian masyarakat. Sekarang Taman Hutan Kota Cigembor pun bisa menjadi tujuan wisata alternatif, terutama di saat Pandemi Covid-19 ini,” katanya.

Untuk itu, Giyatno mengajak masyarakat untuk sama-sama menjaga keberadaan ruang terbuka hijau. Agar keberadaannya terawat dan bermanfaat, minimal dengan tidak membuang sampah sembarangan dan jangan melakukan aksi vandalisme.

“Di beberapa tempat umum ini terutama taman kami juga telah menyediakan fasilitas cuci tangan. Agar masyarakat dapat menaati protokol kesehatan saat mengunjungi taman. Jangan lupa pakai masker juga dan tidak berkerumum,” jelasnya.

Seorang pengunjung, Ipan, mengatakan keberadaan taman hutan kota ini menjadi sebuah tempat wisata alternatif disaat pandemi Covid-19. Karena tak dipungkiri berwisata ke lokasi yang jauh sangat riskan terpapar Covid-19.

“Saya berharap Pemkab Ciamis terus menambah fasilitas agar semakin nyaman,” katanya. (AsepFR/CN/Djavatoday)

Partai Golkar Ciamis Usung Herdiat Pada Pilkada 2024

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Partai Politik di daerah mulai melakukan persiapan dalam menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Sejumlah nama bakal calon pun mulai diusung...

Engkus Sutisna Jadi Penjabat Bupati Ciamis, Berikut Profilnya

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Masa kepemimpinan Bupati Ciamis Herdiat Sunarya dan wakil Bupati Ciamis Yana D Putra berakhir 20 April 2024. Penjabat (Pj) Gubernur Jawa...

Mitos Pantangan Warga Sumedang Kunjungi Situ Panjalu Ciamis Terpecahkan Lewat Kirab Mahkota Binokasih

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Setelah sekian lama mitos pantangan atau larangan warga Sumedang mengunjungi/menyeberangi Situ Lengkong Panjalu, Ciamis kini terpecahkan. Hal itu ditandai dengan even...

Akhiri Masa Jabatan Bupati Ciamis Herdiat Lantik 146 Pejabat, Andang Firman Jadi Sekda

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengakhiri masa jabatan dengan melantik dan ambil sumpah 146 pejabat Pemkab Ciamis. Pelantikan dilaksanakan di halaman Pendopo...

Terpopuler

Lainnya