Rabu, Juni 19, 2024

Sidang Agenda Tuntutan Kasus Insiden Susur Sungai Ciamis Ditunda

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sidang dengan agenda tuntutan kasus insiden susur sungai yang tewaskan 11 siswa MTs Ciamis, Jawa Barat, ditunda. Harusnya pembacaan tuntutan dilaksanakan pada Rabu (25/1/2023).

Namun jaksa penuntut umum (JPU) menyatakan belum siap, sehingga sidang tuntutan akan berlangsung pada Minggu depan.

Dalam sidang tersebut, ketua majelis hakim PN Ciamis Dede Halim bertanya kepada JPU untuk dapat membacakan tuntutan. Namun JPU menjawab belum siap. Lalu hakim pun meminta JPU agar menyiapkannya kurang dari seminggu. Lalu JPU pun menyanggupinya sehingga sidang akan kembali berlangsung pada Senin atau Selasa depan.

“Kita kasih kesempatan sekali, tidak ada mundur lagi. Kalau pun ada pembelaan, nantinya tidak seminggu. Untuk itu agar persoalannya dari sekarang tidak harus menunggu tuntutan,” jelas hakim.

Dyah Anggraeni, JPU kasus susur sungai maut mengatakan pihaknya mengaku telah memproses tuntutan dalam sidang kasus susur . Namun mengingat kasus ini merupakan perkara penting, sehingga JPU berusaha untuk seteliti dan sedetail mungkin.

“Ini kan pekating, jadi kita tidak bisa main-main juga. Kita berusaha sedetail mungkin, seteliti mungkin pada tuntutan. Pasti akan dibacakan, Minggu depan insyaallah,” ungkapnya saat ditemui usai sidang.

Dyah mengatakan tuntutan nanti masih mengacu pada berkas perkara. Terkait kemungkinan tersangka baru itu merupakan kewenangan majelis hakim.

Sebelumnya, insiden susur sungai tersebut menewaskan 11 siswa MTs Harapan Baru terjadi pada akhir 2021 lalu. Pembina Pramuka Mts tersebut Rofiah ditetapkan tersangka pada 22 November 2021. Setahun berlalu, Kejaksaan Negeri (Kejari) Ciamis pun akhirnya menahan tersangka karena akan menjalani persidangan.

Dalam surat dakwaan, terdakwa dijerat dengan pasal 359 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 5 tahun. Akibat perbuatan kelalaian mengakibatkan meninggalnya 11 orang korban. (Ayu/CN/Djavatoday)

Masuk 3 Besar Penilaian Adminduk Prima Jabar, Ini Inovasi Disdukcapil Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Setelah masuk 3 besar pada penilaian Adminduk Prima Provinsi Jabar, Disdukcapil Ciamis mempunyai beberapa inovasi pelayanan online. Adapun salah satu inovasi tersebut...

Keren, Disdukcapil Ciamis Masuk 3 Besar Lolos Penilaian Adminduk Prima Provinsi Jabar

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Disdukcapil Ciamis, masuk 3 besar lolos penilaian dalam hasil seleksi administrasi Adminduk Prima Provinsi Jawa Barat. Pada kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah Ciamis,...

Bus dan Truk Kecelakaan di Ciamis, Arus Lalu Lintas Sempat Macet

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebuah bus dan mobil truk terlibat kecelakaan di Tanjakan Cibeka, Desa Karangkamulyan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis. Kecelakaan tersebut terjadi Selasa (18/6/2024) sekitar...

Pemkab Ciamis Imbau Panitia Kurban Bagikan Daging Tidak Pakai Kantong Plastik

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis mengeluarkan edaran Nomor : 600.4.15/1068-DPRKPLH. 03/2024 tentang pelaksanaan hari raya Idul Adha 1445/2024 Tanpa Sampah atau Kantong Plastik. Edaran...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya