Rabu, Mei 29, 2024

Sepanjang 2023, Disdukcapil Ciamis Catat 8 Pasang Perkawinan Non Muslim

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Disdukcapil Ciamis mencatat sepanjang tahun 2023 hanya mencatat perkawinan sebanyak 8 pasang non muslim. Padahal berdasarkan data konsilidasi bersih (DKB) Kemendagri, ada 2.158 non muslim di Ciamis.

Kepala Disdukcapil Ciamis Yayan Muhamad Supyan memprediksi dalam kurun waktu setahun pasangan non muslim yang melangsungkan pernikahan lebih dari 8 pasang. Untuk itu, Yayan mengimbau kepada warga non muslim di Ciamis supaya mengurus akta perkawinan di Disdukcapil Ciamis.

Yayan menegaskan, pengurusan akta perkawinan bukan hanya bagi non muslim yang akan melangsungkan perkawinan. Namun juga non muslim lain yang belum punya akta perkawinan.

“Kami imbau agar segera mengurusnya ke Disdukcapil. Kemungkinan masih banyak mereka yang sudah melangsungkan perkawinan tapi belum tercatat secara pemerintahan yang ditandai dengan belum memiliki akta perkawinan yang dikeluarkan Disdukcapil,” jelas Yayan.

Menurutnya, akta perkawinan dari Disdukcapil sama fungsinya dengan Buku Nikah dari Kantor Urusan Agama (KUA) untuk umat islam.

“Intinya akta tersebut harus dimiliki non muslim. Sama dengan halnya Buku Nikah. Itu sangat dibutuhkan kegunaannya untuk urusan administrasi kependudukan,” jelasnya.

Yayan menjadikan, warga non muslim yang berkeluarga tapi belum punya akta perkawinan dari Disdukcapil sama dengan orang muslim menikah tapi tidak punya buku nikah dari KUA atau nikah siri.

Disdukcapil Ciamis pun melakukan sosialisasi kepada warga non muslim mengenai hal itu. Juga dengan menggandeng Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB).

Dasar pemberlakuan akta perkawinan tersebut mengacu pada Permendagri Nomor 108 Tahun 2019 tentang persyaratan dan tatacara pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil, utamanya Bab 3 Pasal 39.

Ada pun keuntungan warga non muslim yang mengurus akta perkawinan di Disdukcapil dapat memudahkan pengurusan administrasi. Seperti pembuatan KTP, Kartu Keluarga, hingga akta kelahiran.

“Kami juga memberikan layanan jemput bola bagi pasangan non muslim yang mau mengurus akta perkawinan. Syaratnya seperti KTP, KK, dan sertifikat perkawinan sebagai bukti nikah,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

PSGC Ciamis Bubarkan Tim Usia Gagal ke 8 Besar Liga 3 Nasional

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- PSGC Ciamis membubarkan tim musim 2023/2024 setelah gagal lolos ke babak 8 besar Liga 3 Nasional. Laskar Singacala kandas di babak...

Jalan Mundur Warnai Aksi Solidaritas Jurnalis Ciamis Tolak RUU Penyiaran

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sejumlah jurnalis dari Ciamis, Banjar dan Pangandaran melakukan aksi unjuk rasa di depan Gedung DPRD Ciamis, Selasa (28/5/2024). Mereka menyerukan penolakan...

Lomba Merpati Tingkat Nasional di Ciamis Berdampak Baik untuk Ekonomi Masyarakat

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Lomba burung merpati tingkat nasional seri 3 kembali digelar di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Kegiatan itu digelar Penggemar Merpati Tinggi Indonesia...

Pedas Nampol Seblak Bangsat Seuhah yang Viral di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Seblak adalah jajanan yang berasal dari Jawa Barat yang saat ini diminati banyak kalangan. Warung Seblak Bangsat Seuhah di Ciamis kini...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya