Sabtu, Mei 25, 2024

Semangat Warga Menjemput Malam Lailatul Qadar di Masjid Agung Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bulan Ramadan kini telah memasuki fase akhir dan akan segera berakhir. Di momen ini dimanfaatkan warga untuk berburu pahala 1.000 bulan atau malam Lailatul Qadar.

Seperti di Masjid Agung Ciamis yang sejak malam 21 Ramadan dipenuhi jemaah yang melaksanakan itikaf. Peserta itikaf di bulan Ramadan ini terbilang membludak. DKM Masjid Agung Ciamis pun berupaya memfasilitasi para jemaah dari mulai buka puasa hingga sahur gratis.

“Peserta itikat di Masjid Agung Ciamis tahun ini membludak sejak malam 21 dan dilaksanakan sampai malam 29. Rata-rata tiap malam sampai 300 orang, bahkan di malam ganjil sampai 500 orang,” ujar Kedua DKM Masjid Agung Ciamis Wawan S Arifien, Jumat (5/4/2024).

Wawan menjelaskan, saat itikaf, para peserta melaksanakan berbagai amalan ibadah. Dari mulai tadarus, qiyamullail, muhasabah, subuh berjamaah, kultum Subuh, hingga kajian dan salat subuh.

“Untuk makan sahur gratis Alhamdulillah dibantu sejumlah pihak. Dari Bupati Ciamis Herdiat, Haji Maman Icakan, RM Samara Binangkit dan infaq dari dermawan,” ungkap Wawan.

Peserta itikaf datang dari sekitaran perkotaan Ciamis hingga beberapa kecamatan, Seperti Imbanagara, Cijeungjing, Cikoneng dan Cipaku. Mereka sengaja datang ke Masjid Agung Ciamis.

“Mereka ada yang full sembilan hari, namun kebanyakan yang itikaf dari bada tarawih hingga saat subuh,” ucapnya.

Ratusan jemaah itu luar biasa antusias mengikuti setiap kegiatan menyambut malam Lailatul qadar. Mereka semakin akrab dan saling berkenalan. Semakin hari jemaah yang itikaf semakin banyak karena warga yang mudik juga turut beritikaf.

“Mereka semakin sadar bahwa sesuai hadis Rasululloh SAW, bahwa di sepuluh malam terakhir Ramadan akan turun malam Lailatul Qadar yang lebih baik dari 1.000 bulan. Itulah yang mereka jemput di samping menghadap ampunan dan keridhoan Alloh SWT,” tuturnya.

Wawan berharap ke depan di Ramadan berikutnya lebih banyak lagi peserta dan Masjid Agung Ciamis semakin makmur dengan berbagai kegiatan. (Ayu/CN/Djavatoday)

Viral Ratusan Pencari Kerja Melamar Kerja ke Warung Seblak hingga Antre di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Viral di media sosial video yang memperlihatkan ratusan pencari kerja antre melamar pekerjaan di sebuah warung seblak di Kabupaten Ciamis. Video tersebut...

Melihat Kegiatan Budaya Ngarumat Lembur di Desa Cisontrol Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ratusan warga Desa Cisontrol, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, mengikuti kegiatan budaya Ngarumat Lembur. Kegiatan tersebut digelar pada Rabu (22/5/2024). Ngarumat Lembur tersebut...

Polres Ciamis Punya Lapangan Tembak, Latih Kemampuan Anggota Menembak

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Polres Ciamis kini memiliki lapangan tembak bernama Satya Haprabu 8904. Lapangan tembak tersebut dibangun untuk melatih kemampuan menembak para anggota. Kapolda Jawa...

Pipa Transmisi Gunung Cupu Masih Diperbaiki, Perumda Tirta Galuh Ciamis Bagi Dua Layanan Air Bersih

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pipa Transmisi milik Perumda Tirta Galuh di Gunung Cupu, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis, masih dalam perbaikan. Akibatnya pelayanan distribusi air bersih...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya