Sabtu, Maret 2, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Sekolah Tatap Muka, Bupati Ciamis: Lihat Perkembangan COVID-19

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemerintah Kabupaten Ciamis masih mempertimbangkan pembukaan sekolah tatap muka. Setelah ada sinyal dari Mendikbud Nadiem Makarim yang membolehkan belajar mengajar di sekolah di awal tahun 2021.

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menyambut baik kebijakan tersebut. Namun dalam hal ini, Herdiat lebih melihat perkembangan dan kondisi pandemi Covid-19 di Kabupaten Ciamis. Sekolah bisa buka ketika kasus penambahan pasien terkonfirmasi positif landai. 

“Sekolah tatap muka di Kabupaten Ciamis tergantung situasi Covid-19. Kalau landai, awal tahun kenapa  tidak dibuka. Kalau tracing nya meningkat, naik, bahkan banyak daerah zona oranye tentu akan dipertimbangkan,” ujar Herdiat di Kantor PDAM Tirta Galuh, Jalan Iwa Kusuma Somantri, Ciamis, Senin (23/11/2020).

Meskipun kasus terkonfirmasi positif landai, pihaknya akan melihat kasus per kecamatan. Tidak setiap kecamatan dapat membuka sekolah, tapi akan menentukan titik-titik yang diperkirakan zona yang aman. 

“Seperti dari 27 kecamatan, 20 kecamatan tidak bisa melaksanakan sekolah tatap muka karena ada pasien positif atau kasusnya meningkat. Sedangkan kecamatan yang tidak ada kasus positif bisa belajar tatap muka,” ucapnya. 

Teknisnya pun akan dilakukan bertahap. Seperti untuk SD yang bisa melaksanakannya untuk kelas atas terlebih dahulu, kelas 4, 5, dan kelas 6 selama beberapa minggu. Apabila kondisi aman maka dilanjutkan untuk kelas bawah, yakni kelas 1, 2 dan kelas 3. Begitu juga untuk tingkat SMP, akan diberlakukan penjadwalan setiap tingkatan kelas. 

“Jadi untuk pembukaan sekolah tatap muka ini perlu pertimbangan yang maksimal. Karena ini demi keselamatan dan kesehatan para peserta didik,” kata Herdiat.  

Herdiat pun meminta kepada setiap sekolah untuk mempersiapkan penerapan protokol kesehatan dengan ketat. Mulai dari pemeriksaan suhu, menyediakan tempat cuci tangan, masker dan menyesuaikan ruangan kelas agar bisa jaga jarak. Pemkab Ciamis pun akan melakukan pemantauan setiap sekolah oleh Dinas Pendidikan.

“Ketika siap melaksanakan sekolah tatap muka, jadi harus betul-betul dalam pelaksanaan protokol kesehatan 3M, terutama dalam memakai masker,” ucapnya. (AY/CN/Djavatoday)

Warga Baregbeg Ciamis yang Meninggal Dunia Akibat Terjangkit DBD Jadi 2 Orang

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dalam kurun waktu bulan Januari-Februari 2024, sebanyak 2 warga Baregbeg, Kabupaten Ciamis, meninggal dunia akibat terjangkit demam berdarah Dengue (DBD). Kepala Desa...

Tradisi Nadran di Situs Buyut Mangun Tapa Baregbeg Ciamis Bakal Digelar Meriah

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Masyarakat Desa Baregbeg, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, biasa melaksanakan Tradisi Nadran di Situs Buyut Mangun Tapa. Tradisi ini digelar setiap menjelang...

Bupati Ciamis Apresiasi Kerja Keras PKK Tanpa Imbalan untuk Pembangunan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bupati Ciamis Herdiat.Sunarya mengapresiasi kerja keras, kontribusi dan peran PKK dalam pembangunan di Tatar Galuh Ciamis. Hal itu Herdiat sampaikan saat...

Rapat Pleno Rekapitulasi Suara Pemilu 2024 Dimulai, Ini Pesan Bupati Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Rapat pleno terbuka rekapitulasi perolehan suara dan penetapan hasil Pemilu 2024 tingkat Kabupaten Ciamis mulai digelar. Kegiatan dilaksanakan di Lapang Tenis...
spot_img

Terpopuler

Lainnya