Rabu, April 17, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Sambut Hari Batik Nasional, Siswa SMPN 1 Ciamis Lomba Fashion Show

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dalam rangka menyambut Hari Batik Nasional, siswa SMPN 1 Ciamis menggelar sejumlah kegiatan bertema batik. Salah satunya lomba fashion show batik di lapang upacara sekolah, Senin (2/10/2023).

Selama ini SMPN 1 Ciamis menaruh perhatian besar terhadap batik. Bahkan sekolah tersebut memiliki ekstrakulikuler membatik.

Pada lomba fashion show batik tersebut, terlihat para siswa bergaya seperti seorang model di catwalk. Para siswa memakai busana batik beraneka corak. Kegiatan dalam rangka menyambut Hari Batik Nasional pun berlangsung dengan meriah.

“Lomba ini merupakan kegiatan OSIS dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional. Ada kegiatan perayaan busana, lomba desain motif batik dan juga ada fashion show dengan peserta para guru,” ucap Wawan, Kepala SMPN 1 Ciamis.

Wawan menuturkan tujuan kegiatan tersebut untuk menumbuhkan rasa cinta para siswa terhadap batik. Mengingat batik sudah menjadi warisan dunia yang berasal dari Indonesia. Tak hanya itu, Ciamis pun dulu memiliki batik yang khas bahkan sempat jaya pada tahun 60 an sampai 80 an.

Namun sekarang batik Ciamisan seakan mati suri. Hal ini membuat generasi muda tidak terlalu mengenal dengan corak atau motif batik Ciamisan.

“Ciamis jug punya batik yang khas. Kami berikan wawasan juga mengenaik batik Ciamisan agar bisa kembali bangkit. Semoga ke depan ada pihak investor yang bisa menghidupkan kembali Batik khas Ciamis,” jelasnya.

Wawan pun bersyukur siswa SMPN 1 Ciamis sudah tumbuh rasa cinta terhadap batik. Hal itu terlihat pada setiap dua hari dalam seminggu, para siswa lebih memilih mengenakan batik pada saat seragam bebas.

“Batik sekolah yang saat ini anak-anak pakai itu merupakan karya dari siswa dulu,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Calon Pengantin Wanita Asal Ciamis Jadi Korban Kecelakaan Maut Km 58 Tol Japek

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Nia Kania (31) warga Desa Karangpari, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, merupakan satu dari 12 korban meninggal dunia kecelakaan maut Km 58...

Hadiri Halalbihalal PWRI, Herdiat Pamit dari Jabatan Bupati Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menyampaikan permohonan maaf sekaligus pamit dari jabatan sebagai orang nomor satu di Ciamis. "5 tahun ini terasa singkat,...

9 Warga Ciamis Korban Kecelakaan Maut Km 58 Tol Japek, Disdukcapil Terbitkan Akta Kematian

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Disdukcapil Ciamis menerbitkan akta kematian para korban kecelakaan maut GranMax di Km 58 Tol Japek (Jakarta-Cikampek). Dari 9 korban yang dibawa...

Isak Tangis Keluarga saat Pemakaman Korban Kecelakaan Maut Km 58 Tol Japek di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sembilan Jenazah korban kecelakaan maut GranMax di Km 58 Tol Jakarta-Cikampek (Japek) tiba di Ciamis, Senin (15/4/2024) malam pukul 22.30 WIB....

Terpopuler

Lainnya