Selasa, Juli 23, 2024

Rumah Kuno Peninggalan Hindia Belanda di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Di Desa Sukadana, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat terdapat rumah kuno bernuansa Eropa.

Rumah tersebut merupakan peninggalan Zaman Agresi Militer Belanda. saat ini rumah dihuni generasi ketiga Yaya Heryana beserta isteri dan anak bungsunya.

Bentuk dan ornamen bangunan rumah tersebut hingga kini masih dipertahankan. Dengan tinggi sekitar empat meter, luas kurang lebih 8 x 15 meter bernuansa Eropa. Ditambah halaman yang luas dihiasi dihiasi bunga kertas dan pohon pala.

Dengan gaya khas kuno yang dipertahankan, Rumah tersebt kerap jadi lokasi foto prewedding.

“Karena Ornamen dan nuansa Eropa yang masih dipertahankan, banyak yang izin foto pernikahan di sini,” ujar Yaya Heryana, Selasa (17/11/2020)

Yaya menjelaskan, sejak tahun 1920 rumah kuno tersebut sudah berdiri kokoh. Sejak dirinya lahir ditahun 1941, ayah bahkan kakenya sudah menempati rumah ini.

“Kalau tahun pasti berdirinya, saya juga tidak tahu, yang jelas dari zaman kake saya rumah ini sudah ada,” kata Yaya.

Yaya menuturkan, rumah kuno ini dikenal warga dengan sebutan rumah kuwu bintang. Pada zaman Hindia Belanda Kakek Yaya merupakan Kepala Desa yang pada saat itu dikenal dengan sebutan Kuwu. Kake berjasasa membangun akses jalan Desa Sukadana Ke Desa Margajaya.

Rumah kuno ini disebut Bintang karena jasa pemilik kepada warga setempat. Pada zaman itu merupakan Pengargaan dari Pemerintahan Hindia Belanda.

Pada Zaman agresi militer Belanda, karena sangat dihormati, tidak ada yang menggaggu. Rumah tersebut akan dijadikan cagar budaya ole Dinas Kebudayaan Ciamis.

“Beberapa waktu lalu ada dari Dinas Kebudayaan Ciamis datang ke sini. Bagi saya boleh saja, asal dirawat. Selain itu, status rumah ini tidak berpindah kepemilikan. Kepemilikan rumah kuni ini akan saya pertahankan,” kata Yaya.

(Mang Moh/Djavatoday)

Cegah Terjadinya Tiga Dosa Besar, Disdik Ciamis Mempunyai TPPK

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dalam upaya pencegahan terjadinya tiga dosa besar di lingkungan pendidikan, Dinas Pendidikan (Disdik) Ciamis mempunyai Tim Pencegahan Penanganan Kekerasan (TPPK). Kabid GTK...

DPRD Ciamis Bakal Terus Perjuangkan Sejumlah Anak Banjaranyar Bisa Sekolah di SMA Negeri

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- DPRD Ciamis akan terus berupaya untuk memperjuangkan sejumlah anak asal Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, supaya dapat masuk ke SMA Negeri. Komitmen itu...

DPRD Ciamis Bersama Pj Bupati Sepakati Dua Raperda Jadi Perda, Ada RPJPD 2025-2045

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- DPRD Ciamis bersama Pj Bupati Ciamis Engkus Sutisna sepakati dua Raperda jadi Perda. Keduanya menandatangani persetujuan bersama saat Rapat Paripurna DPRD...

Peringatan Muharram, Paguyuban Bagja Desa Jalatrang Ciamis Gelar Bakti Kesehatan Khitanan Massal

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Paguyuban Bagja Desa Jalatrang, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, menggelar Bakti Kesehatan khitanan massal. Kegiatan tersebut digelar dalam rangka semarak Muharram. Khitanan Massal...
IMG-20240721-WA0006
IMG-20240721-WA0006

Terpopuler

Lainnya