Senin, Oktober 25, 2021

Ratusan Nakes di Ciamis Sudah Divaksinasi Dosis Ketiga Moderna

Berita Ciamis (Djavatoday.com), – Sekitar 22.90 persen tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Ciamis sudah mendapatkan suntikan vaksin jenis Moderna. Ditargetkan, vaksin booster ini akan selesai akhir Agustus.

Suntikan dosis ketiga atau booster untuk nakes di Ciamis sudah mencapai 890 dari total target 3.885 orang nakes.

Baca juga:

“Sampai hari ini 890 nakes sudah divaksin dosis ketiga. Dari total target 3.885 nakes. Vaksinasi booster ini bertujuan untuk menambah imunitas terhadap Covid-19,” ujar Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinkes Ciamis Harun Al Rasyid, Kamis (19/8/2021).

Para nakes yang divaksin dosis ketiga ini yang bertugas di bagian pelayanan baik di rumah sakit, klinik maupun Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM).

“Vaksin Moderna ini khusus buat nakes. Sudah mulai berjalan dan kami targetkan selesai akhir Agustus 2021,” katanya.

Dikatakan Harun vaksinasi booster dilakukan secara bertahap. Hal ini dimaksudkan agar pelayanan kepada masyarakat tidak terganggu.

“Kalau vaksinasi booster itu tidak bisa serentak karena melihat kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) yang ada dulu. Jadi gantian supaya pelayanan tidak terganggu,” tuturnya.

Harun menuturkan untuk vaksinasi di kalangan pelajar sampai saat ini masih berjalan. Pihaknya bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan instansi lainnya.

“Pelaksanaan vaksinasi di kalangan pelajar untuk membentuk kekebalan kelompok atau herd immunity di lingkungan pendidikan. Selain itu kami juga berkolaborasi dengan TNI Polri untuk kegiatan vaksinasi,” jelasnya.

Kata dia, kegiatan vaksinasi di sekolah sudah berlangsung di SMKN 1 Ciamis dan SMAN 1 Kawali. Meskipun sudah divaksin para pelajar diminta tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Jangan abai, selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan 5M, memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU