Minggu, Februari 25, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Perdana Panen Padi di Polibag, Atalia Apresiasi Kwarcab Pramuka Ciamis

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Berita Ciamis (Djavatoday.com)- Kwarcab Pramuka Ciamis panen perdana dari gerakan tanam padi pada polibeg di Gedung Pramuka Ciamis, Senin (21/12/2020). Kegiatan ini mendapat apresiasi dari Ketua Kwarda Pramuka Jabar Atalia Praratya Ridwan Kamil.

Atalia menyebut gerakan tanam padi pada polibag di Ciamis ini akan menjadi percontohan. Untuk kemudian diterapkan di setiap daerah di Jawa Barat.

“Terobosan ini sangat luar biasa, Kwarcab Pramuka Ciamis mempersiapkan masa depan, mempersiapkan anak muda kita dengan bercocok tanam padi menggunakan polibag,” ujar Atalia saat melakukan panen perdana padi dalam polibeg di Ciamis.

Menurutnya, gerakan ini sebagai salah satu solusi untuk menjaga ketahanan pangan. Sehingga dapat terhindar dari krisis pangan saat Pandemi.  Tanam padi dalam polibag ini tidak memerlukan lahan lebih luas, bisa dilakukan di sekolah atau rumah.

“Kita akan melakukan gerakan menanam ini melalui Pramuka di Jawa barat,” tegasnya.

Gerakan ini pun sebagai media pendidikan pertanian kepada anak-anak. Karena saat ini banyak anak yang tidak tahu cara menanam padi. “Mengajarkan menanam sejak dini, demi menyelamatkan generasi kita,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Kwarcab Pramuka Ciamis Nanang Permana menjelaskan menanam di polibag ini pihaknya menggunakan benih bernama MSP (mari sejahterakan petani) jenis Inbrid. Sehingga hasil panen ini bisa digunakan untuk benih.

“Masa tanamnya lebih cepat sekitar 97 hari sudah bisa panen. Kami menanamnya pun menggunakan pupuk organik tidak pakai pupuk buatan pabrik,” ujar Nanang.

Gerakan ini diluncurkan Kwarcab Pramuka Ciamis untuk mendidik anak-anak supaya tahu cara bertan. ini upaya menyelamatkan generasi.

“Sifat mereka tidak mau kotor jadi disiasati menggunakan polibag. Jadi tidak perlu turun ke ladang, hanya perlu di darat mengolah media tanam di polibag dan hanya cukup 1 butir padi MSP setiap 1 polibag. Hasil panen ini akan dijadikan benih untuk disebar ke setiap pangkalan Pramuka di Sekolah,” pungkasnya. (AY/Djavatoday)

Simak! Jadwal 5 Tradisi Jelang Ramadan 2024 di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bulan Ramadan tinggal beberapa hari lagi. Menjelang Bulan Ramadan, ada berbagai tradisi budaya yang biasa digelar masyarakat Tatar Galuh Ciamis. Biasanya...

Dispar Ciamis Berlakukan Penyesuaian Tarif Tiket Masuk 4 Obyek Wisata

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Ciamis akan memberlakukan penyesuaian tarif tiket masuk di obyek wisata yang dikelola Pemkab Ciamis. Penyesuaian tarif itu...

Hadiri Kuliah Umum, Wabup Yana: STIKes Muhammadiyah Ciamis Berkontribusi Tingkatkan IPM

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra menghadiri kegiatan kuliah umum di STIKes Muhammadiyah, Sabtu (24/2/2024). Yana menyebut STIKes Muhammadiyah menjadi pilar...

Cerita Jembatan Cilokat di Buniseuri Ciamis yang Angker

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Jembatan Cilokat di Jalan Raya Ciamis-Kawali, tepatnya di Desa Buniseuri, Kecamatan Cipaku, dikenal angker. Konon di jembatan tersebut kerap terdengar suara...

Terpopuler

Lainnya