Sabtu, Mei 25, 2024

765 Personel Gabungan di Ciamis untuk Penyekatan Mudik Lebaran

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- 765 Personel Gabungan di Ciamis, Jawa Barat, diterjunkan untuk penyekatan mudik Lebaran 2021. Para personel yang terdiri dari TNI, Polri dan Pemkab Ciamis bertugas mulai tanggal 6 Meli 2021.

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menuturkan dalam operasi ketupat ini para personel akan disiagakan di beberapa titik penyekatan di wilayah perbatasan dan di tempat strategis lainnya. Tujuannya untuk mengamankan serta menghalau para pemudik dari luar daerah. Mengingat saat ini pemerintah pusat melarang mudik.

Herdiat mengatakan saat ini banyak warga yang telah lebih dulu mencuri start mudik. Untuk itu, selain melakukan penyekatan pada daerah perbatasan juga akan memperketat posko-posko di kecamatan dan desa, bahkan sampai tingkat RT/RW.

“Selain melakukan penyekatan mudik lebaran, kita juga melakukan penanganan terhadap para pemudik yang mencuri start dengan memberdayakan Posko desa,” ujar Herdiat setelah memimpin Gelar Pasukan Operasi Ketupat Lodaya 2021 di halaman Pendopo Ciamis, Rabu (5/5/2021).

Herdiat meminta untuk RT/RW dan desa untuk memantau warga yang datang ke daerahnya. Bagi pemudik yang sudah terlanjur mudik dan berada di kampung halamannya diminta untuk menunjukan surat hasil tes Covid-19 yang menyatakan negatif. Apabila tidak ada maka diarahkan untuk melakukan pengetesan mandiri. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19.

“Apabila tidak bisa menunjukan hasil tes negatif dan tidak melaksanakan pemeriksaan pemerintah desa harus melakukan isolasi di posko desa. Hampir semua desa di Ciamis telah memiliki ruang isolasi untuk para pemudik,” ucapnya.

Sementara itu, Kapolres Ciamis AKBP Hendria Lesmana menuturkan pihaknya menyiapkan 4 posko penyekatan mudik lebaran 2021. 4 posko itu yakni Pos Cihaurbeuti berbatasan dengan Tasikmalaya. Pos Panawangan yang berbatasan dengan Majalengka dan Kuningan. Pos Karangkamulyan dan di Pangandaran Pos Kalipucang berbatasan dengan Jawa Tengah.

“Penyekatan dilaksanakan selama 12 hari. Personel gabungan yang disiapkan sebanyak 765 orang. Kalau ada pemudik kita minta untuk putar balik. Kami imbau semua warga menahan diri tidak mudik dulu,” jelasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Viral Ratusan Pencari Kerja Melamar Kerja ke Warung Seblak hingga Antre di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Viral di media sosial video yang memperlihatkan ratusan pencari kerja antre melamar pekerjaan di sebuah warung seblak di Kabupaten Ciamis. Video tersebut...

Melihat Kegiatan Budaya Ngarumat Lembur di Desa Cisontrol Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ratusan warga Desa Cisontrol, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, mengikuti kegiatan budaya Ngarumat Lembur. Kegiatan tersebut digelar pada Rabu (22/5/2024). Ngarumat Lembur tersebut...

Polres Ciamis Punya Lapangan Tembak, Latih Kemampuan Anggota Menembak

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Polres Ciamis kini memiliki lapangan tembak bernama Satya Haprabu 8904. Lapangan tembak tersebut dibangun untuk melatih kemampuan menembak para anggota. Kapolda Jawa...

Pipa Transmisi Gunung Cupu Masih Diperbaiki, Perumda Tirta Galuh Ciamis Bagi Dua Layanan Air Bersih

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pipa Transmisi milik Perumda Tirta Galuh di Gunung Cupu, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis, masih dalam perbaikan. Akibatnya pelayanan distribusi air bersih...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya