Selasa, Mei 28, 2024

Pemahaman Pemantauan Kepatuhan Hukum dari Kabag Hukum Setda Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebagian masyarakat Ciamis banyak yang belum mengetahui bagaimana praktik pemantauan kepatuhan hukum di Ciamis dilaksanakan. Kepala Bagian Hukum (Kabag Hukum) Setda Ciamis Deni Wahyu pun memberikan pemahaman mengenai fungsi Kabag Hukum dalam Praktik Pemantauan Kepatuhan Hukum.

Deni menjelaskan, dalam pemantauan hukum, Kabag Hukum Setda Ciamis membuat regulasi yang nantinya harus diterapkan di masyarakat. Setelah regulasi itu dibuat, maka otomatis harus ada pemantauan secara berkala. Melihat bagian regulasi itu dapat diterapkan atau tidak di masyarakat.

Menurut Deni, pemantauan regulasi itu atau kepatuhan hukum dilaksanakan oleh bidang tersendiri yakni Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

“Untuk pemantauan ya sendiri itu dilakukan oleh bidang khusus yaitu Satpol PP, karena terkait masalah pemantauan regulasi daerah itu sudah ada Satpol PP,” kata Kabag Hukum Deni, Jumat (1/12/2023).

Menurut Deni, Satpol PP memiliki kewenangan salam memantau regulasi atau peraturan daerah (Perda) yang telah dibuat. Sehingga, ketika Bagian Hukum Setda Ciamis setelah membuat produk hukum maka yang berwenang dalam mengawasi Perda adalah Satpol PP.

“Untuk pelaksanaanya, masyarakat tinggal menjalankan Perda yang sudah ada, untuk masalah ditetapkan atau tidaknya itu sudah ada Satpol PP sebagai tim pengawas di lapangan,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Lomba Merpati Tingkat Nasional di Ciamis Berdampak Baik untuk Ekonomi Masyarakat

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Lomba burung merpati tingkat nasional seri 3 kembali digelar di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Kegiatan itu digelar Penggemar Merpati Tinggi Indonesia...

Pedas Nampol Seblak Bangsat Seuhah yang Viral di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Seblak adalah jajanan yang berasal dari Jawa Barat yang saat ini diminati banyak kalangan. Warung Seblak Bangsat Seuhah di Ciamis kini...

Hama Wereng Serang Sawah, Petani di Cigembor Ciamis Galau

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Puluhan hektar sawah di Kelurahan Cigembor, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, diserang hama wereng sejak beberapa pekan lalu. Para petani pun kini...

PSGC Ciamis Kandas di Babak 16 Besar Liga 3 Nasional Usai Ditekuk Persikabpas

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- PSGC Ciamis gagal melaju ke babak 8 besar Liga 3 Nasional. Pada pertandingan terakhir grup 2 babak 16 besar, PSGC Ciamis...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya