Jumat, April 12, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Pelaminan Pengantin, Inovasi Disdukcapil Ciamis Permudah Pelayanan Kependudukan

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Berita Ciamis (Djavatoday.com) – Dalam upaya memberikan kemudahan dalam pelayanan dokumen kependudukan, Dinas Dukcapil Ciamis mempunyai inovasi terbaru yakni Pelaminan Pengantin.

Pelaminan Pengantin atau pelayanan administrasi kependudukan bagi pasangan pengantin ini sangat memberi kemudahan bagi pasangan pengantin.

Kepala Disdukcapil Ciamis, Yayan Muhamad Supyan mengatakan, Pelaminan Pengantin itu adalah inovasi dari Dinas Dukcapil dalam pelayanan administrasi kependudukan pasangan pengantin.

“Jadi melalui inovasi ini, kami memberikan data kependudukan berupa KTP el dan juga KK yang sudah ganti status menjadi menikah, dan Kartu Keluarga nya berpisah dengan orang tua,” katanya, Kamis (14/12/2023).

Yayan menjelaskan, adapun pasangan calon pengantin yang ingin menggunakan inovasi tersebut sangatlah mudah. Hanya tinggal menghubungi petugas dari Dinas Dukcapil Ciamis.

“Jadi tinggal hubungi petugas kami atau nomor hotline kami di aplikasi Si Lancar, nanti daftar disitu nanti upload File PDF nya saja berupa KTP el pasangan calon pengantin dan juga KK, serta nomor register KUA,” jelasnya.

Menurutnya, dengan adanya inovasi Pelaminan Pengantin ini sangat direspon baik oleh masyarakat, pasalnya inovasi ini sangat membantu warga khususnya pasangan calon pengantin.

“Alhamdulilah, masyarakat respon baik. Pasalnya inovasi ini memudahkan masyarakat, jadi tidak harus repot-repot antri datang ke kantor dan lain-lain,” tuturnya.

Yayan berharap, inovasi Pelaminan Pengantin ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat baik di perkotaan maupun di daerah-daerah di Kabupaten Ciamis.

“Jadi kami ini inovasi ini bisa diketahui oleh masyarakat, dan bisa dimanfaatkan inovasi dari kami ini, semoga nanti masyarakat di pelosok-pelosok juga tahu akan adanya inovasi Pelaminan Pengantin ini,” pungkasnya. (Ayu/AA/Djavatoday.com)

Jadi Wisata Alternatif, Pospam Kawali Polres Ciamis Patroli di Taman Surawisesa

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Taman Surawisesa menjadi lokasi alternatif wisata bagi masyarakat. Untuk itu, Personel Pos Pengamanan Operasi Ketupat Lodaya 2024 wilayah Kawali Polres Ciamis...

Polsek Cipaku Polres Ciamis Monitor Kawasan Obwis Waterboom Jalatrang saat Libur Lebaran

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Jajaran Polsek Cipaku Polres Ciamis melakukan monitoring di obyek wisata (obwis) Waterboom Jalatrang saat momen libur Lebaran, Kamis (11/4/2024). Monitoring ini dilakukan...

Di Momen Salat Idul Fitri, Bupati Ciamis Herdiat Pamit

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ribuan warga Tatar Galuh Kabupaten Ciamis, Jawa Barat melaksanakan salat Idul Fitri 1445H di Alun-alun Ciamis, tepatnya di halaman Masjid Agung...

9 Korban Tewas Kecelakaan Maut di Tol Cikampek KM 58 Warga Ciamis, Bupati Herdiat Takziah ke Rumah Duka

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebanyak 9 korban jiwa kecelakaan maut di tol Jakarta-Cikampek KM 58 teridentifikasi merupakan warga Kabupaten Ciamis. Hal tersebut dibenarkan oleh Bupati...

Terpopuler

Lainnya