Sabtu, Februari 24, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Pegawai Positif Covid-19 di Samsat Ciamis Jadi 53 Orang

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Jumlah pegawai dan pedagang yang positif Covid-19 di Samsat Ciamis bertambah. Hingga Jumat (19/2/2021) jumlahnya menjadi 53 orang.

Berdasarkan hasil PCR pada Rabu (17/2/2021) penambahan kasus tersebut bisa disebut klaster perkantoran.

“Penambahan jumlah ini berasal dari pegawai dan pedagang di sekitar kantor Samsat,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Ciamis, Yoyo.

Kata Yoyo temuan klaster perkantoran ini berawal dari seorang pegawai yang reaktif saat dilakukan Rapid Test Antigen.

“Hasil Rapid tersebut kita tindaklanjuti dengan tes PCR. Dan hasilnya positif Covid-19,” jelasnya.

Yoyo menuturkan pihaknya kemudian melaksanakan penelusuran kontak (tracking) terhadap puluhan pegawai Samsat Ciamis. Tidak hanya itu, pedagang kantin di sekitar Samsat Ciamis juga tidak luput dari pengecekan.

“Hasil tracking tersebut 53 orang positif Covid-19. Awalnya 38 dan hari ini bertambah 15 orang,” kata Yoyo.

Meskipun demikian ungkap Yoyo puluhan pegawai yang positif Covid-19 tidak mengalami gejala. Sehingga bisa menjalani isolasi mandiri.

“Hanya 8 orang yang menjalani isolasi di Asrama Haji Islamic Center. Karena tidak memenuhi persyaratan untuk isolasi mandiri di rumah,” imbuhnya.

Untuk meminimalisir penularan Covid-19, Yoyo menghimbau agar melaksanakan protokol kesehatan. Terlebih pelayan publik salah satu kelompok rentan terkena Covid-19.

“Disiplin menjalankan Protokol kesehatan wajib diterapkan di tempat kerja. Selain itu ikhtiar dengan 5M memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitasi serta 3T testing, tracing dan treatment dan vaksinasi,” papar Yoyo.

Pelayanan Samsat Ciamis Masih Berjalan

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Ciamis AKP Zanuar Cahyo Wibowo mengatakan akibat klaster perkantoran Samsat Ciamis tutup sementara.

“Kita akan lakukan penyemprotan desinfektan dan sterilisasi. Kantor Samsat akan beroperasi kembali Senin (22/2/2021),” ucapnya.

Meski demikian lanjut Bowo masyarakat tetap dapat melakukan pembayaran pajak dengan menggunakan fasilitas lainnya.

“Kita maksimalkan Samsat Bantuan untuk pelayanan pembayaran pajak, diantaranya mobil Samsat keliling, Outlet Kawali, Outlet Banjarsari, Outlet Rancah dan Bumdes Panumbangan. Kita juga mengoptimalkan Samsat Online Nasional dan melakukan pengalihan pelayanan Samsat Tasik kota,” pungkas Bowo. (AY/CN/Djavatoday)

Hadiri Kuliah Umum, Wabup Yana: STIKes Muhammadiyah Ciamis Berkontribusi Tingkatkan IPM

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra menghadiri kegiatan kuliah umum di STIKes Muhammadiyah, Sabtu (24/2/2024). Yana menyebut STIKes Muhammadiyah menjadi pilar...

Cerita Jembatan Cilokat di Buniseuri Ciamis yang Angker

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Jembatan Cilokat di Jalan Raya Ciamis-Kawali, tepatnya di Desa Buniseuri, Kecamatan Cipaku, dikenal angker. Konon di jembatan tersebut kerap terdengar suara...

Cerita Asal Usul Nama Desa Baregbeg Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Baregbeg merupakan nama sebuah desa di Kabupaten Ciamis. Menarik untuk dibahas mengenai cerita asal usul penamaan desa tersebut. Konon menurut cerita, nama...

Ini Layanan di Perpustakaan Ciamis, Ada Ruang Baca Bertema Angkasa hingga Audio Visual

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Ciamis terus berupaya meningkatkan layanan kepada masyarakat. Terutama dalam meningkatkan minat baca bagi anak usia dini. Lalu...

Terpopuler

Lainnya