Sabtu, Juni 15, 2024

Pegawai Positif Covid-19 di Samsat Ciamis Jadi 53 Orang

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Jumlah pegawai dan pedagang yang positif Covid-19 di Samsat Ciamis bertambah. Hingga Jumat (19/2/2021) jumlahnya menjadi 53 orang.

Berdasarkan hasil PCR pada Rabu (17/2/2021) penambahan kasus tersebut bisa disebut klaster perkantoran.

“Penambahan jumlah ini berasal dari pegawai dan pedagang di sekitar kantor Samsat,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Ciamis, Yoyo.

Kata Yoyo temuan klaster perkantoran ini berawal dari seorang pegawai yang reaktif saat dilakukan Rapid Test Antigen.

“Hasil Rapid tersebut kita tindaklanjuti dengan tes PCR. Dan hasilnya positif Covid-19,” jelasnya.

Yoyo menuturkan pihaknya kemudian melaksanakan penelusuran kontak (tracking) terhadap puluhan pegawai Samsat Ciamis. Tidak hanya itu, pedagang kantin di sekitar Samsat Ciamis juga tidak luput dari pengecekan.

“Hasil tracking tersebut 53 orang positif Covid-19. Awalnya 38 dan hari ini bertambah 15 orang,” kata Yoyo.

Meskipun demikian ungkap Yoyo puluhan pegawai yang positif Covid-19 tidak mengalami gejala. Sehingga bisa menjalani isolasi mandiri.

“Hanya 8 orang yang menjalani isolasi di Asrama Haji Islamic Center. Karena tidak memenuhi persyaratan untuk isolasi mandiri di rumah,” imbuhnya.

Untuk meminimalisir penularan Covid-19, Yoyo menghimbau agar melaksanakan protokol kesehatan. Terlebih pelayan publik salah satu kelompok rentan terkena Covid-19.

“Disiplin menjalankan Protokol kesehatan wajib diterapkan di tempat kerja. Selain itu ikhtiar dengan 5M memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitasi serta 3T testing, tracing dan treatment dan vaksinasi,” papar Yoyo.

Pelayanan Samsat Ciamis Masih Berjalan

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Ciamis AKP Zanuar Cahyo Wibowo mengatakan akibat klaster perkantoran Samsat Ciamis tutup sementara.

“Kita akan lakukan penyemprotan desinfektan dan sterilisasi. Kantor Samsat akan beroperasi kembali Senin (22/2/2021),” ucapnya.

Meski demikian lanjut Bowo masyarakat tetap dapat melakukan pembayaran pajak dengan menggunakan fasilitas lainnya.

“Kita maksimalkan Samsat Bantuan untuk pelayanan pembayaran pajak, diantaranya mobil Samsat keliling, Outlet Kawali, Outlet Banjarsari, Outlet Rancah dan Bumdes Panumbangan. Kita juga mengoptimalkan Samsat Online Nasional dan melakukan pengalihan pelayanan Samsat Tasik kota,” pungkas Bowo. (AY/CN/Djavatoday)

Dua Warga Alami Luka Bakar Tersambar Api di Belakang SPPBE Ciharalang Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Nasib malang dialami dua warga Desa Ciharalang, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, yang mengalami luka bakar. Warga bernama Karman (81) dan Nanang...

Pj Bupati Ciamis Ikuti Wawancara Penilaian Nirwasita Tantra Secara Virtual

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pj Bupati Ciamis, Engkus Sutisna mengikuti wawancara penilaian Nirwasita Tantra secara virtual, Jumat (14/6/2024) diruang vidcon Bupati Ciamis. Dalam kegiatan tersebut, Pj...

Polisi Ciamis Razia KTMDU Sasar Kendaraan yang Tak Bayar Pajak

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Petugas gabungan dari Satlantas Polres Ciamis, TNI dan instansi pemerintahan terkait melakukan razia KTMDU (kendaraan bermotor tidak melakukan daftar ulang). Kendaraan...

BPS Ciamis Bangun Gedung Baru, PJ Bupati Engkus Dorong Peningkatan Pelayanan dan Akurasi Data

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Ciamis akan membangun gedung baru di Jalan Siliwangi, Kelurahan Maleber, Kecamatan Ciamis. Pj Bupati Ciamis Engkus...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Kominfo Ciamis
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2
Kominfo Ciamis

Terpopuler

Lainnya