Kamis, Mei 30, 2024

Operasi Zebra Lodaya 2020 di Ciamis Dimulai Pekan Depan

Ciamis (Djavatoday.com),- Satuan Lalu Lintas Polres Ciamis akan menggelar Operasi Zebra Lodaya 2020. Operasi Zebra Lodaya ini dilaksanakan selama dua pekan.

Kasat Lantas Polres Ciamis AKP Zanuar Cahyo Wibowo S.I.K,  mengatakan operasi Zebra di wilayah hukum Polres Ciamis ini akan dimulai Senin (26/10/2020).

“Operasi Zebra Lodaya mulai tanggal 26 Oktober sampai 8 November,” ujar Zanuar yang akrab disapa Bowo.

Menurutnya dalam pelaksanaan Operasi Zebra Lodaya ini akan lebih mengedepankan tindakan preventif dan preemtif.

“Anggota Satlantas juga akan melakukan sosialisasi dan pencegahan pelanggaran lalu lintas. Intinya akan lebih banyak giat preemtif dibanding penegakan hukum. Namun apabila pelanggar membahayakan tentu akan ditindak,” jelasnya.

Ada 7 fokus penindakan pelanggaran lalu lintas. Yakni tidak pakai helm, pengemudi mabuk, pelanggaran ngebut, anak dibawah umur yang pakai kendaraan, tidak pakai sabuk pengaman. Juga pengemudi yang mengoperasikan handphone saat berkendara dan melanggar arus lalu lintas.

Contohnya pelanggar yang lawan arus akan mendapat sanksi  Pasal 287 ayat 1 Undang – Undang No 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Kata Bowo, tujuan dari Operasi Zebra Lodaya 2020 antara lain menciptakan situasi lalu lintas yang aman, tertib dan lancar. Terutama untuk lokasi rawan laka, langgar dan macet.

“Juga mewujudkan ketertiban, kepatuhan dan kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas. Dan menekan penyebaran Covid-19,” ucapnya.

Adapun target dalam Operasi Zebra ini adalah titik kemacetan, pelanggar lalu lintas serta kecelakaan lalu lintas sesuai dengan karakteristik tiap daerah.

“Kita akan melaksanakan Operasi Zebra Lodaya 2020 tetap dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19,” jelasnya.

Satlantas Polres Ciamis pun akan melakukan pengamanan long weekend Peringatan Maulid Nabi yang dimulai 28 Oktober-1 November 2020. (AY/Djavatoday)

Hasil Survei Partai Golkar, Herdiat Sunarya Diunggulkan di Pilkada Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Partai Golkar telah melakukan survei pertama untuk calon kepala daerah pada Pilkada 2024. Hasil survei itu, Partai Golkar Ciamis menyatakan Herdiat...

Hadiri Pelantikan Perangkat Desa Janggalaharja, Camat Rancah Ciamis Sampaikan Pesan Ini

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kepala Desa Janggalaharja Saefuloh melantik Asep Aldi Reza Syaiful Milah sebagai perangkat desa Kaur Perencanaan. Pelantikan yang digelar di GOR Desa...

PSGC Ciamis Bubarkan Tim Usia Gagal ke 8 Besar Liga 3 Nasional

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- PSGC Ciamis membubarkan tim musim 2023/2024 setelah gagal lolos ke babak 8 besar Liga 3 Nasional. Laskar Singacala kandas di babak...

Jalan Mundur Warnai Aksi Solidaritas Jurnalis Ciamis Tolak RUU Penyiaran

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sejumlah jurnalis dari Ciamis, Banjar dan Pangandaran melakukan aksi unjuk rasa di depan Gedung DPRD Ciamis, Selasa (28/5/2024). Mereka menyerukan penolakan...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya