Selasa, Mei 28, 2024

Operasi Yustisi Gencar, Kesadaran Prokes Warga Ciamis Meningkat

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis gencar melakukan operasi yustisi dimasa pandemi Covid-19 di tempat keramaian. Sekda Ciamis Tatang menyatakan dengan operasi yustisi ini kesadaran protokol kesehatan atau prokes warga Ciamis mulai meningkat.

“Alhamdulillah dengan dilakukannya operasi yustisi dari minggu ke minggu selama pandemi ini kesadaran warga dan kedisiplinannya meningkat dibanding sebelumnya,” ujar Tatang saat memantau operasi yustisi di Pasar Manis dan depan Terminal Ciamis, Kamis (4/3/2021).

Mengalami peningkatan tidak berarti masyarakat sepenuhnya taat. Tapi masih saja ditemukan warga Ciamis yang belum memiliki kesadaran. Seperti di Pasar Manis Ciamis, sejumlah pedagang, penumpang, pengunjung hingga sopir angkutan terjaring razia karena tidak memakai masker.

Petugas Satpol PP dibantu TNI-Polri langsung memberikan penindakan berupa sanksi surat pelanggaran, serta sanksi sosial dengan cara menyapu area Pasar Manis dan Terminal.

Para pelanggar ini berdalih terburu-buru sehingga lupa tidak memakai masker. Namun ditemukan juga warga yang secara sengaja tidak membawa masker dari rumah. Petugas pun kemudian memberikan mereka masker.

“Kesadaran warga Ciamis terhadap Prokes memang meningkat. Tapi kita tidak boleh terlena, jangan pernah bidan untuk mengingatkan protokol kesehatan kepada masyarakat. Sampai hari ini pandemi Covid-19 belum juga berakhir. Upaya pencegahan dengan protokol eksehatan 5M, didamping menunggu proses vaksinasi,” katanya.

Dengan operasi yustisi ini juga efektif dalam upaya menekan angka penyebaran virus corona. Serta mengembalikan Zona Corona Ciamis dari merah menjadi zona kuning.

“Kesadaran warga Ciamis terhadap Prokes tentu akan terus kita tingkatkan. Sehingga nantinya Ciamis bisa terbebas dari virus Corona,” pungkasnya.

Covid-19 di Ciamis kini sudah mencapai 2.651 orang tapi pasien yang sembuh pun cukup banyak mencapai 2.261 orang. Sedangkan sisanya 284 yang masih positif menjalani isolasi mandiri, 66 orang dirawat sedangkan 106 orang meninggal dunia.
(CN/AY/Djavatoday)

Lomba Merpati Tingkat Nasional di Ciamis Berdampak Baik untuk Ekonomi Masyarakat

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Lomba burung merpati tingkat nasional seri 3 kembali digelar di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Kegiatan itu digelar Penggemar Merpati Tinggi Indonesia...

Pedas Nampol Seblak Bangsat Seuhah yang Viral di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Seblak adalah jajanan yang berasal dari Jawa Barat yang saat ini diminati banyak kalangan. Warung Seblak Bangsat Seuhah di Ciamis kini...

Hama Wereng Serang Sawah, Petani di Cigembor Ciamis Galau

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Puluhan hektar sawah di Kelurahan Cigembor, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, diserang hama wereng sejak beberapa pekan lalu. Para petani pun kini...

PSGC Ciamis Kandas di Babak 16 Besar Liga 3 Nasional Usai Ditekuk Persikabpas

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- PSGC Ciamis gagal melaju ke babak 8 besar Liga 3 Nasional. Pada pertandingan terakhir grup 2 babak 16 besar, PSGC Ciamis...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya