Sabtu, Februari 24, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Operasi Yustisi Gencar, Kesadaran Prokes Warga Ciamis Meningkat

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis gencar melakukan operasi yustisi dimasa pandemi Covid-19 di tempat keramaian. Sekda Ciamis Tatang menyatakan dengan operasi yustisi ini kesadaran protokol kesehatan atau prokes warga Ciamis mulai meningkat.

“Alhamdulillah dengan dilakukannya operasi yustisi dari minggu ke minggu selama pandemi ini kesadaran warga dan kedisiplinannya meningkat dibanding sebelumnya,” ujar Tatang saat memantau operasi yustisi di Pasar Manis dan depan Terminal Ciamis, Kamis (4/3/2021).

Mengalami peningkatan tidak berarti masyarakat sepenuhnya taat. Tapi masih saja ditemukan warga Ciamis yang belum memiliki kesadaran. Seperti di Pasar Manis Ciamis, sejumlah pedagang, penumpang, pengunjung hingga sopir angkutan terjaring razia karena tidak memakai masker.

Petugas Satpol PP dibantu TNI-Polri langsung memberikan penindakan berupa sanksi surat pelanggaran, serta sanksi sosial dengan cara menyapu area Pasar Manis dan Terminal.

Para pelanggar ini berdalih terburu-buru sehingga lupa tidak memakai masker. Namun ditemukan juga warga yang secara sengaja tidak membawa masker dari rumah. Petugas pun kemudian memberikan mereka masker.

“Kesadaran warga Ciamis terhadap Prokes memang meningkat. Tapi kita tidak boleh terlena, jangan pernah bidan untuk mengingatkan protokol kesehatan kepada masyarakat. Sampai hari ini pandemi Covid-19 belum juga berakhir. Upaya pencegahan dengan protokol eksehatan 5M, didamping menunggu proses vaksinasi,” katanya.

Dengan operasi yustisi ini juga efektif dalam upaya menekan angka penyebaran virus corona. Serta mengembalikan Zona Corona Ciamis dari merah menjadi zona kuning.

“Kesadaran warga Ciamis terhadap Prokes tentu akan terus kita tingkatkan. Sehingga nantinya Ciamis bisa terbebas dari virus Corona,” pungkasnya.

Covid-19 di Ciamis kini sudah mencapai 2.651 orang tapi pasien yang sembuh pun cukup banyak mencapai 2.261 orang. Sedangkan sisanya 284 yang masih positif menjalani isolasi mandiri, 66 orang dirawat sedangkan 106 orang meninggal dunia.
(CN/AY/Djavatoday)

Cerita Jembatan Cilokat di Buniseuri Ciamis yang Angker

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Jembatan Cilokat di Jalan Raya Ciamis-Kawali, tepatnya di Desa Buniseuri, Kecamatan Cipaku, dikenal angker. Konon di jembatan tersebut kerap terdengar suara...

Cerita Asal Usul Nama Desa Baregbeg Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Baregbeg merupakan nama sebuah desa di Kabupaten Ciamis. Menarik untuk dibahas mengenai cerita asal usul penamaan desa tersebut. Konon menurut cerita, nama...

Ini Layanan di Perpustakaan Ciamis, Ada Ruang Baca Bertema Angkasa hingga Audio Visual

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Ciamis terus berupaya meningkatkan layanan kepada masyarakat. Terutama dalam meningkatkan minat baca bagi anak usia dini. Lalu...

Persit Kartika Candra Kirana Cabang XXIV Gelar Donor Darah

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dalam memperingati HUT Persatuan Istri Tentara (Persit) Kartika Chandra Kirana ke-78 Tahun 2024, Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXIV menggelar kegiatan...

Terpopuler

Lainnya