spot_img
Rabu, November 30, 2022
spot_img

Obyek Wisata di Ciamis Pilihan untuk Libur Lebaran

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Warga Ciamis yang pulang kampung dan ingin liburan, ini ada 5 obyek wisata di Ciamis yang menarik untuk dikunjungi. Berikut 5 destinasi wisata Ciamis tersebut:

Wisata Alam Cireong

Wisata ini adalah sebuah hulu Sungai Cireong yang berada pada kaki Gunung Sawal. Tempat wisata ini menawarkan keindahan dan kesejukan alam. Memiliki air yang jernih cocok untuk bermain air dan basah-basahan, terutama untuk anak-anak.

Lokasinya Desa Sukaresik, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Untuk menuju ke lokasi dari Tasikmalaya masuk ke jalan Rancamaya kemudian ikuti petunjuk arah.

Kalau dari pusat perkotaan Ciamis, jarak menuju lokasi sekitar 40 menit perjalanan. Menggunakan jalan masuk Rancamaya Kecamatan Cikoneng. Harga tiket masuknya cukup terjangkau hanya Rp 5 ribu.

Adapun fasilitas yang ada seperti kolam renang, spot selfie, kedai kopi, warung liwet dan ada penginapan.

Situ Lengkong Panjalu

Sudah tak asing lagi dengan obyek wisata di Ciamis ini. Situ Lengkong Panjalu merupakan wisata alam dan ziarah yang biasa dikunjungi wisatawan, terutama dari wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Tempat ini menawarkan panorama alam yang indah. Sekaligus sebagai salah satu peninggalan zaman kerajaan Panjalu. Pengunjung bisa merasakan sensasi berkeliling danau menggunakan perahu wisata. Tiket masuknya hanya Rp 5 ribu.

Adapun fasilitas yang tersedia seperti tempat parkir, toilet, mushola, spot foto anti mainstream, wahana permainan air, perahu wisata, warung wisata, wisata ziarah.

Jarak dari pusat perkotaan Ciamis menuju lokasi sekitar 1,5 jam perjalanan. Bila menggunakan mobil pribadi, tinggal ambil jalan Utara Ciamis, kemudian belok kiri di persimpangan menuju Cirebon. Tinggal ikuti petunjuk arah dan akan sampai lokasi. Bila dari arah Tasikmalaya, ambil jalan Cihaurbeuti-Panumbangan dengan jarak sekitar 1 jam perjalanan.

Sedangkan wisatawan yang menggunakan angkutan umum, bisa menggunakan mobil elf jurusan Ciamis-Panjalu.

Hutan Pinus Darmacaang Hill

Obyek wisata di Ciamis unu merupakan hutan Pinus kaki Gunung Sawal nyaman untuk healing dan kemping. Sangat cocok untuk liburan untuk keluarga.

Darmacaang Hill berada di Desa Darmacaang, Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis. Lokasinya berjarak sekitar setengah jam dari jalan nasional Ciamis-Tasikmalaya. Bisa menggunakan kendaraan pribadi.

Untuk ke lokasi wisata, ada dua jalur alternatif, pertama masuk ke Jalan Kujang Cikoneng, kedua ke jalur Nasol dari arah perkotaan Ciamis. Tiketnya Rp 5 ribu.

Hutan Pinus ini sudah dikenal cukup lama oleh wisatawan Ciamis maupun daerah sekitar seperti Tasikmalaya. Namun pesona wisata alam ini tak pernah pudar. Panorama alam dari ketinggian menyuguhkan pemandangan indah

Adapun fasilitasnya seperti spot foto, penyewaan tenda, penyewaan Hammock (ayunan), toilet, mushala. Ada beberapa kantin yang menyediakan pemesanan nasi liwet dan jajanan.

Suasana di hutan Pinus ini sejuk dan adem membuat pikiran menjadi rileks.

Bagi wisatawan yang mau kemping tapi tak punya tenda tidak perlu khawatir. Di lokasi ada tempat penyewaan tenda. Wisatawan hanya cukup datang dan menikmati, tak perlu repot untuk memasang tenda sendiri. Paket penyewaan tenda berkisar Rp 95 ribu sampai Rp 150 ribu.

Jatisewu Cibungbang

Tempat wisata buatan ini berada di Desa Jalatrang, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Sangat cocok untuk wisata keluarga.

Memiliki fasilitas kolam renang anak dan dewasa yang dilengkapi mandi salju dan perosotan. Terdapat juga wisata bermain kayak, archery, paintball dan wisata edukasi bermain angklung.

Ada juga homestay, area kemping yang dapat digunakan untuk berkemah dan juga kedai kopi. Tempat ini sempat viral di kalangan anak muda, karena menawarkan sensasi ngopi di bawah ratusan pohon jati.

Tiket masuk Rp 15 ribu per orang Senin-Sabtu, sedangkan hari Minggu Rp 20 ribu. Jaraknya dari perkotaan Ciamis sekitar 1 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi. Tempat ini juga biasanya sebagai sarana edukasi anak-anak sekolah PAUD.

Petunjuk arabnya, dari pusat perkotaan Ciamis, kemudian masuk ke Jalan RE Martadinata, lalu ke Desa Buniseuri. Dari Masjid Besar Buniseuri belok kiri dan ikuti petunjuk arah, sekitar kurang lebih 500 meter belok kiri dan sampai tujuan. Bila naik angkutan umum, naik mobil elf dari Terminal Ciamis jurusan Ciamis-Kawali dan turun di Masjid besar Buniseuri. Kemudian naik ojek untuk ke lokasi.

Kolam Renang Tirta Sumber Jaya

Kolam renang Sumber Jaya ini juga tak jauh dari tempat wisata sebelumnya yakni di Desa Jalatrang, Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis. Jaraknya pun sama sekitar 1 jam perjalanan. Tempat ini juga sangat cocok untuk liburan keluarga untuk menghabiskan libur lebaran.

Tiket masuknya Rp 25 ribu per orang. Adapun fasilitas yang ada yaknj kolam renang dewasa, kolam air mancur, ember tumpah, perosotan, dan juga kolam arus air, flying fox. Ada juga tempat kemah dan gedung serbaguna yang biasa digunakan untuk kegiatan rapat atau pernikahan, serta food court. (Ayu/CN/Djavatoday)

Kebun Buah Mangunan: Harga Tiket, Lokasi, hingga Daya Tarik

Kebun Buah Mangunan merupakan sebuah objek wisata alam yang memiliki keunikan tersendiri, yakni banyaknya perkebunan buah-buahan. Kepopuleran tempat ini juga berasal dari panoramanya yang...

Kawah Talaga Bodas, Info Wisata Baru Garut, Harga dan Fasilitas

Kawah Talaga Bodas merupakan salah satu objek wisata yang ada di Daerah Garut yang hampir sama dengan wisata kawah putih di Bandung. Kedua wisata...

Bupati Herdiat Sunarya Jadi Dewan Pembina KTNA Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bupati Ciamis Herdiat Sunarya membuka secara resmi acara Mimbar Sarasehan Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA). Kegiatan digelar di Aula di Dinas...

Buka Mimbar Sarasehan KTNA, Bupati Ciamis: Petani Tetap Optimis

Berita Ciamis (Djavatoday.com) - Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya membuka kegiatan mimbar sarasehan Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) tingkat Kabupaten Ciamis. Kegiatan tersebut berlangsung di Aula...
- Advertisment -Advertisment

Terpopuler

Lainnya