Sabtu, April 13, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Nikah Massal Konsep Pilpres di Ponpes Ciamis Viral

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebuah acara nikah massal yang dilaksanakan dengan konsep pemilihan presiden (Pilpres) viral di media sosial tiktok. Ternyata kegiatan nikah massal itu berlangsung di Pondok Pesantren Miftahul Huda 2, Desa Bayasari, Kecamatan Jatinagara, Kabupaten Ciamis.

Acara pernikahan massal yang dikemas seperti pemilihan presiden itu dilaksanakan pada Sabtu (27/1/2024) kemarin. Video nikah massal yang berisi gimik ala proses pemilihan presiden tersebut diunggah oleh akun media sosial tiktok @Matahari Miftahul Huda 2. Video itu telah dilihat lebih dari 600 K dan ribuan komentar.

Dalam video itu, nampak persidangan di MK, tapi bukan Mahkamah Konstitusi melainkan Mahkamah Keluarga. Ada 3 pasang calon yang ikut sidang.

Para calonnya itu plesetan dari capres dan cawapres yang saat ini ikut kontestasi Pilpres. Mereka dibuat semirip mungkin dengan pasangan yang aslinya. Terlihat dari beberapa ciri khas, pasangan nomor urut 1 memakai peci hitam dan kemeja putih serta berkacamata.

Pasangan nomor urut 2 memakai kemeja biru dan berbadan gemoy. Begitu juga pasangan nomor urut 3 yang rambutnya dicat putih seperti beruban.

Dalam sidang itu, hakim memutuskan pasangan nomor urut 1 dan nomor urut 3 lolos menjadi calon pengantin pria dan melaju ke tahan berikutnya. Sedangkan pasangan nomor urut 2 dinyatakan gagal menjadi calon pengantin.

Selanjutnya pasangan yang lolos berjumlah 4 orang itu dipertemukan dengan pasangan calon pengantin wanita. Kemudian melaksanakan ijab kobul di Masjid Ponpes Miftahul Huda 2 Bayasari, Kabupaten Ciamis.

Penjelasan Ponpes Gelar Nikah Massal Konsep Pilpres

M Rijal, Pengurus Ponpes Miftahul Huda 2 Bayasari Ciamis, membenarkan pihak pesantren kini kembali melaksanakan nikah massal. Pada tahun 2024 ini merupakan pernikahan massal yang keempat. Nikah massal dilaksanakan 27 Januari 2024.

“Acara nikah massal di Ponpes Miftahul Huda 2 sudah berjalan beberapa kali. Bahkan sejak almarhum Pendiri Ponpes KH Umar Nawawi. Namun karena situasi kondisi sempat vakum, dan sudah 4 tahun ke belakang ini dilaksanakan lagi. Untuk yang sekarang memang ada 4 pasang, tahun sebelumnya 10 pasang,” ujar M Rizal saat ditemui di Ponpes Miftahul Huda 2, Senin (29/1/2024).

Rijal menerangkan, setiap tahun pelaksanaan nikah massal ada tema yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang berkembang. Hal itu dilakukan supaya unik dan menjadi kenangan serta hiburan. Juga untuk memberikan wawasan mengenai politik kepada santri dan masyarakat.

“Karena saat ini sedang berlangsungnya agenda pilpres, tim kreatif dan tim media membuat tema tentang pilpres. Kami sebut pilpres pemilihan pengantin santri. Jadi ada pelesetan-pelesetan sebagai hasil ide kreatif santri,” kata Rijal. (Ayu/CN/Djavatoday)

Dua Rumah di Sadananya Terdampak Longsor, Polsek Ciamis Gotong Royong Bareng Warga

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dua rumah di dua desa Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis, terdampak longsor akibat hujan deras, Jumat (12/4/2024). Anggota Polsek Ciamis Polres Ciamis...

Cerita Yeni Raup Cuan Pemudik di Gapura Ciamis Setiap Lebaran Sejak 2002

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Berkah musim mudik Lebaran Idul Fitri dirasakan warga atau pemilik warung yang berada di jalur mudik Ciamis. Seperti yang dirasakan oleh...

Jadi Wisata Alternatif, Pospam Kawali Polres Ciamis Patroli di Taman Surawisesa

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Taman Surawisesa menjadi lokasi alternatif wisata bagi masyarakat. Untuk itu, Personel Pos Pengamanan Operasi Ketupat Lodaya 2024 wilayah Kawali Polres Ciamis...

Polsek Cipaku Polres Ciamis Monitor Kawasan Obwis Waterboom Jalatrang saat Libur Lebaran

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Jajaran Polsek Cipaku Polres Ciamis melakukan monitoring di obyek wisata (obwis) Waterboom Jalatrang saat momen libur Lebaran, Kamis (11/4/2024). Monitoring ini dilakukan...

Terpopuler

Lainnya