Jumat, Mei 17, 2024

Musim Kemarau, Wabup Ciamis Ingatkan Masyarakat Hemat Air

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pada musim kemarau ini, Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra meminta warganya untuk hemat dan lebih bijak menggunakan air.

Pemkab Ciamis pun akan menyampaikan edaran terkait kesiapsiagaan menghadapi musim kemarau kepada masyarakat.

“Pertama memasuki kemarau saat ini, masyarakat bisa bijak dalam menggunakan air, hemat air hanya untuk keperluan prioritas dan seperlunya,” ujar Yana, Kamis (24/8/2023).

Yana pun menegaskan kesiapan Pemkab Ciamis untuk mendistribusikan air bersih bagi daerah yang mengalami krisis air. Pemkab Ciamis melalui BPBD Ciamis berkoordinasi dengan PDAM Tirta Galuh guna kesiapan pasokan air serta pendistribusiannya.

“Kita koordinasi dengan PDAM. Juga sebelumnya sudah turun mendistribusikan air ke beberapa lokasi pada musim kemarau ini,” ungkap Yana.

Yana pun meminta masyarakat untuk tidak membakar sampah apa pun di musim kemarau ini. Mengingat dampak yang ditimbulkan berpotensi terjadi kebakaran lahan atau hutan.

“Seperti sekarang ini kebakaran lahan sudah terjadi di beberapa daerah. Karena musim kemarau apa pun akan cepat terbakar,” ucapnya.

Terpisah, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Ciamis Memet Hikmat menambahkan saat ini satu Desa yang melaporkan terdampak krisis air pada musim kemarau ini. Beberapa sumur warga Dusun Cicurug Desa Cijulang, Kecamatan Cihaurbeuti, sudah mengering. Ada 20 Kepala Keluarga yang terdampak.

“Baru di Cijulang yang melaporkan membutuhkan air bersih. Kami juga sudah melakukan penyaluran air bersih dalam beberapa hari terakhir. Sudah sekitar tiga tangki air bersih yang disalurkan,” ujar Memet.

Memet menjelaskan, kekeringan yang terjadi di Desa Cijulang baru masuk 3 hari lalu ke BPBD Ciamis.

“Sumur warga kering, tapi di sawah ada sumber mata air. Jadi selama kekurangan air bersih, warga mengambil air di sumur sawah yang jaraknya sekitar 100 meter,” kata Memet. (Ayu/CN/Djavatoday)

Dadan Khoerul Ma, Siswa SDN 3 Selacai Wakili Ciamis di O2SN Provinsi

Berita Ciamis (Djavatoday.com), Dadan Khoerul Ma, Siswa SDN 3 Selacai, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis menjadi juara 1 O2SN (olimpiade olahraga siswa nasional) cabang bulutangkis...

Herdiat Sunarya Kembali Jadi Ketua PBVSI Ciamis, Prioritaskan Pembinaan Atlet

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Herdiat Sunarya terpilih kembali sebagai Ketua Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Ciamis masa bakti 2024-2028. Herdiat terpilih secara aklamasi melalui...

11 Desa di Kecamatan Panawangan Ciamis Berstatus Mandiri

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Indeks Desa Membangun (IDM) tahun 2024 Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, meningkat. Dari 18 desa, sebanyak 11 desa sudah berstatus mandiri. Sedangkan...

Raih Hasil Imbang Atas Persip Pekalongan 3-3, PSGC Ciamis Lolos ke 16 Besar Liga 3 Nasional

Berita Ciamis (Djavatoday.com), - PSGC Ciamis lolos ke babak 16 besar Liga 3 Nasional. Dalam laga terakhir di grup 3, PSGC Ciamis berhasil mengimbangi...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya