Sabtu, Februari 24, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Memasuki Musim Hujan, Bupati Ciamis Imbau Warga Siaga Bencana

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pada 1 Januari 2021 Atap bangunan ruangan SDN 1 Sukadana, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Ciamis ambruk. Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menyampaikan rasa prihatin dan mengimbau warga untuk siaga bencana.

Seperti diberitakan Djavatoday.com sebelumnya, Ambruknya bangunan Sekolah tersebut disebabkan oleh curah hujan yang tinggi. Pondasi atap berbahan baja ringan tidak sanggup menahan beban genteng tanah liat yang terus menerus diguyur hujan.

Baca Juga: Diterpa Hujan Deras, Atap SDN 1 Sukadana Ciamis Ambruk

Herdiat mengaku bersyukur, peristiwa ambruknya bangunan sekolah tidak terjadi ketika siswa sedang belajar di Sekolah. Sehingga tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

“Kita akan segera mengupayakan solusi terbaik untuk perbaikan bangunan Sekolah. Terutama dalam menghadapi Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tatap muka. Supaya Sekolah kembali bisa dipergunakan untuk kegiatan pembelajaran,” ucap Herdiat saat meninjau langsung SDN 1 Sukadana, Senin (4/01/2021).

Kabupaten Ciamis tengah dalam kondisi siaga setelah terjadi bencana alam di sejumlah wilayah. Selain ambruknya atap Sekolah di Kecamatan Sukadana, terjadi pergerakan tanah di Desa Indragiri, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis.

Pergerakan tanah dipicu hujan deras yang mengguyur disetiap sore. Kondisi tersebut menyebabkan kondisi tanah di kawasan pemukiman warga labil dan mengalami retak. Retakan mulai terlihat pada Sabtu (2/1/2021), hingga saat ini retakan terus terjadi.

Baca Juga: Pergerakan Tanah di Ciamis, 13 Rumah Rusak dan Penghuni Dievakuasi

Pada kesempatan tersebut, terlihat Herdiat Sunarya tengah berdiskusi dengan Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ciams Asep Saeful Rahmat. Beserta warga dan unsur pemerintah setempat.

Herdiat mengingatkan masyarakat untuk hati-hati dan siaga terhadap bencana tak terduga dimusim hujan.

“Peristiwa ini harus menjadi pelajaran untuk kita semua. Pada musim hujan ini kita mesti berhati-hati dan untuk warga Ciamis agar siaga terhadap potensi bencana,” kata Herdiat. (MM/Djavatoday)

Cerita Jembatan Cilokat di Buniseuri Ciamis yang Angker

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Jembatan Cilokat di Jalan Raya Ciamis-Kawali, tepatnya di Desa Buniseuri, Kecamatan Cipaku, dikenal angker. Konon di jembatan tersebut kerap terdengar suara...

Cerita Asal Usul Nama Desa Baregbeg Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Baregbeg merupakan nama sebuah desa di Kabupaten Ciamis. Menarik untuk dibahas mengenai cerita asal usul penamaan desa tersebut. Konon menurut cerita, nama...

Ini Layanan di Perpustakaan Ciamis, Ada Ruang Baca Bertema Angkasa hingga Audio Visual

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Ciamis terus berupaya meningkatkan layanan kepada masyarakat. Terutama dalam meningkatkan minat baca bagi anak usia dini. Lalu...

Persit Kartika Candra Kirana Cabang XXIV Gelar Donor Darah

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dalam memperingati HUT Persatuan Istri Tentara (Persit) Kartika Chandra Kirana ke-78 Tahun 2024, Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXIV menggelar kegiatan...

Terpopuler

Lainnya