Sabtu, April 20, 2024

Masa Jabatan Bupati Ciamis Kemungkinan Berakhir April 2024

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Mahkamah Konstitusi (MK) telah mengabulkan gugatan terkait masa jabatan kepala daerah yang terpotong. Yakni pada pasal 201 ayat 5 Undang-undang Pilkada. Artinya masa jabatan Bupati Ciamis Herdiat Sunarya dan wakil Bupati Ciamis Yana D Putra kemungkinan berakhir pada April 2024.

Hal tersebut tentunya sesuai dengan masa akhir Jabatan selama 5 tahun. Sebelumnya Bupati Ciamis Herdiat dilantik pada 20 April 2019, meski pemilihan atau pemungutan suara dilaksanakan pada tahun 2018.

Terkait hal itu, Budi Yudia, Kabag Pemerintahan dan Kerja Sama Setda Ciamis mengaku akan melakukan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Kemendagri. Untuk menanyakan masa jabatan Bupati dan wakil Bupati Ciamis setelah adanya putusan MK.

“Mengenai hasil putusan MK terkait masa jabatan kepala daerah sudag kita lihat. Untuk tindaklanjutnya kita besok akan koordinasi dengan Kemendagri dan Pemprov Jabar. Kaitan dengan putusan MK tentang pasal 201 ayat 5 Undang-undang Pilkada,” ungkapnya.

Berdasarkan hasil putusan MK, kepala daerah yang pelantikannya dilaksanakan 2019 hasil pemilihan 2018 memegang jabatan selama 5 tahun. Itu terhitung sejak tanggal pelantikan. Sepanjang tidak melewati 1 bulan sebelum pemungutan suara Pilkada serentak 2024.

“Sebelumnya kita sudah kirimkan akhir jabatan bupati ke provinsi dan Kemendagri bahwa berakhir pada 31 Desember 2023. Tapi sekarang ada putusan MK, jadi akan kita lakukan koordinasi lagi,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua PKIH Fakultas Hukum Universitas Galuh Hendra Sukarman menanggapi hasil putusan MK atas pasal 201 ayat 5 Undang-undang Pilkada. Menurutnya, dengan adanya putusan MK, hak dan kewajiban Bupati Ciamis dan Wabup Ciamis menjabat 5 tahun sejak pelantikan.

“Bupati Ciamis dilantik pada 20 April 2019, maka otomatis sesuai putusan MK itu akan berakhir pada 20 April 2024. Namun supaya lebih jelas, Pemda Ciamis harus koordinasi segera dengan pemerintah pusat terkait putusan MK terbaru itu,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Mitos Pantangan Warga Sumedang Kunjungi Situ Panjalu Ciamis Terpecahkan Lewat Kirab Mahkota Binokasih

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Setelah sekian lama mitos pantangan atau larangan warga Sumedang mengunjungi/menyeberangi Situ Lengkong Panjalu, Ciamis kini terpecahkan. Hal itu ditandai dengan even...

Akhiri Masa Jabatan Bupati Ciamis Herdiat Lantik 146 Pejabat, Andang Firman Jadi Sekda

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengakhiri masa jabatan dengan melantik dan ambil sumpah 146 pejabat Pemkab Ciamis. Pelantikan dilaksanakan di halaman Pendopo...

TNI Sumedang Bangun Saluran Air Bagi Warga yang Terdampak Longsor di Permukiman

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- TNI Koramil 1009 Tomo Kodim 0610 Sumedang menggelar kegiatan karya bakti. TNI membantu masyarakat membangun saluran air di Dusun Cirendang, Desa...

Kirab Mahkota Binokasih di Ciamis Jadi Edukasi Sejarah untuk Masyarakat

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kirab Mahkota Binokasih dari Keraton Sumedang Larang telah dilaksanakan dua hari di Kabupaten Ciamis, Selasa-Rabu (16-17/5/2024). Kirab digelar di dua tempat...

Terpopuler

Lainnya