Selasa, Oktober 26, 2021

Manfaatkan Bantuan UMKM, Pemuda di Ciamis Bikin Usaha Miniatur Pesawat

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Arul Ismail (21) seorang pemuda di Desa Sadananya, Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis sukses jadi perajin miniatur pesawat dan menghasilkan uang.

Saat ditemui di rumahnya, Arul mengaku mulai membuat miniatur pesawat sejak awal tahun 2021. Pertamanya ia mencoba membuat sebuah miniatur pesawat dari bahan pipa bekas dan kayu. Tujuannya untuk menyalurkan hobi sambil mengisi waktu senggang karena memutuskan berhenti kuliah saat hanya belajar daring saja.

Baca juga:

Namun ia mencoba mengunggahnya melalui media sosial. Ternyata banyak yang tertarik hingga melakukan pemesanan. Karena banyaknya peminat ia kemudian memproduksi miniatur pesawat dari berbagai maskapai penerbangan di Indonesia dan luar negeri.

“Setelah di-posting itu Alhamdulillah banyak yang nanya-nanya dan sampai memesan untuk dibuatkan. Jadi saya putuskan untuk fokus membuat miniatur pesawat meski dengan alat seadanya,” ujar perajin miniatur pesawat asal Ciamis ini saat di belakang rumahnya yang jadi tempat produksi, Sabtu (11/9/2021).

Pemesan datang dari daerah lokal Ciamis, Cikoneng, Bogor hingga luar Jawa Barat seperti dari Wonosobo. Bahkan beberapa waktu lalu juga ada orang Rusia yang berminat dengan pesawat maskapai Rusia yang dipajangnya di medsos.

“Alhamdulillah modal untuk produksi miniatur pesawat ini dari bantuan UMKM dari pemerintah untuk yang terdampak COVID-19 dua tahap. Rp 2,4 juta dan Rp 1,2 juta. Saya gunakan untuk membeli peralatan seperti gerinda, bor, pipa dan alat lainnya. Kalau pipa dulu itu dari limbah, tapi sekarang beli karena banyak pesanan,” katanya.

Keahliannya hingga jadi perajin miniatur pesawat hanya belajar otodidak dari internet. Dari mulai membuat pola, membentuk pipa sampai finishing dengan di cat semprot. Pesawat yang dibuatnya pun bervariatif dari mulai pesawat komersil hingga pesawat tempur.

“Jadi sekarang belum produksi masal, baru sesuai pesanan saja. Omsetnya juga belum terlalu besar. Tapi Alhamdulillah setiap hari ada yang pesan satu orang bahkan ada beberapa orang,” ungkapnya.

Harga Pesawat Miniatur Ciamis

Miniatur pesawat hasil karya Arul dibandrol dua harga sesuai ukuran, untuk ukuran panjang 30 sentimeter harganya Rp 120 ribu. Sedangkan ukuran 40 sentimeter harganya Rp 150 ribu. Dipasarkan memalui e-commerce dan media sosial.

“Satu pesawat itu proses pembuatannya bisa sampai tiga hari lebih. Sebulan 10 unit (miniatur pesawat). Sekarang Alhamdulillah ada kakak dan ayah yang membantu untuk mengejar pesanan,” ungkapnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU