Rabu, Oktober 27, 2021

Longsor di Desa Nasol Ciamis, Rumah Rusak-Jalan Tertimbun

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Longsor terjadi di beberapa titik di Desa Nasol, Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Minggu (26/9/2021). Akibatnya beberapa rumah rusak dan terancam. Tidak ada korban jiwa dalam bencana tersebut.

Longsor terjadi setelah Sabtu sore (25/9/2021) hingga malam wilayah tersebut terus diguyur hujan. Selain menimbulkan kerusakan rumah dan menyumbat saluran air, longsor juga menimbun jalan kabupaten yang menghubungkan antara daerah Nasol dan Darmacaang.

Baca juga:

“Terjadi longsor di Desa Nasol. Dilaporkan 10 titik dari mulai tebing longsor dan menimbun saluran air. Menimpa rumah warga sampai menimbun jalan kabupaten,” ujar Abdul Latif, Sekdes Nasol, yang juga anggota Tagana Ciamis, Minggu (26/9/2021).

Setelah kejadian longsor, warga melakukan gotong-royong untuk membersihkan material tebing longsor tembok masjid yang menimpa rumah. Kondisinya bagian belakang rumah jebol.

Pemkab Ciamis pun menerjunkan alat berat guna membereskan tanah yang menimbun jalan. Supaya kendaraan dari Desa Nasol dan Desa Darmacaan bisa kembali melintas.

“Pemerintah telah mengitimkan alat berat untuk membersihkan jalan dari tanah longsor agar kendaraan dari dua desa bisa kembali melintas,” kata Latif.

Latif mengimbau masyarakat agar senantiasa meningkatkan kewaspadaan pada musim hujan ini. Mengingat Desa Nasol berada pada di ketinggian sehingga rawan terjadi bencana longsor. Ketika mengetahui ada potensi longsor saat hujan sebaiknya warga mengungsi.

“Bagi warga Nasol saya mengingatkan agar pada musim hujan ini selalu waspada, karena bencana bisa saja terjadi kapan saja,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU