Kamis, Juli 25, 2024

KPS Cijolang Ajak Warga Jaga Sungai Cijolang di Panawangan Ciamis dari Sampah

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ketua Komunitas Peduli Sungai (KPS) Cijolang Deden Hidayat mengajak semua pihak untuk menjaga Sungai Cijolang Panawangan, Kabupaten Ciamis dari oknum yang membuang sampah sembarangan.

Menurutnya, saat ini tumpukan sampah masih ditemukan mencemari Sungai Cijolang hulu. Tepatnya di sepanjang jalur wilayah Desa Sadapaingan, Kecamatan Panawangan.

Sampah itu berupa plastik, Styrofoam, dan juga sampah bekas es kelapa muda. Deden menyebut Sungai Cijolang merupakan sumber kehidupan warga, terutama untuk mengairi sawah.

Deden mengaku beberapa kali melakukan survei terhadap keberadaan sumber daya alam di sungai Cijolang. Menurutnya kondisinya sangat memprihatinkan.

“Tidak pernah ada keseriusan dari pemerintah dalam menangani masalah ini. Juga kesadaran masyarakat kurang. Padahal dampak sampah terhadap sungai dapat menimbulkan bencana, seperti banjir dan pencemaran,” ujarnya, Rabu (6/3/2024).

Deden menyebut, menjaga sungai dan lingkungan merupakan tanggung jawab bersama. Tidak hanya oleh komunitas dan pelestari lingkungan saja, melainkan semua pihak dapat bekerja sama.

“Dulu Sungai Cijolang hulu tercemar limbah pabrik tepung tapioka. Tapi sekarang sudah terbebas 95 persen dari limbah pabrik tapioka,” ucapnya.

Menurutnya, Sungai Cijolang yang berada di pinggir jalan Nasional menjadi sasaran pada oknum untuk membuang sampah.

“Yang buang sampah itu bukan warga sini, tapi orang lewat dari luar daerah lalu buang sampah ke sungai,” ungkapnya.

Deden pun mengaku pernah memergoki orang yang membuang limbah pasar dan limbah sabut kelapa. Ternyata oknum itu ternyata bukan warga Panawangan.

Ketika sungai bersih, maka dapat meningkatkan keanekaragaman fauna. Seperti dengan menanam benih ikan.

“Kami dari KPS Cijolang hulu pernah menyampaikan permohonan untuk peninjauan dan perbaikan terhadap BBWS Citanduy dan DPUPRP Kabupaten Ciamis. Ada 1 kali peninjauan di akhir tahun 2023. Semoga dari hasil peninjauan itu menjadi bahan pertimbangan yang sangat serius di tahun 2024 ini,” pungkasnya. (Andra/CN/Djavatoday)

Geger, Mayat Pria Tanpa Identitas Ditemukan di Imbanagara Raya Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Mayat pria tanpa identitas ditemukan dalam kondisi membusuk di Dusun Warungkulon, Desa Imbanagara Raya, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Rabu...

Simulasi Kebakaran Pasar Manis Ciamis Diikuti Pedagang hingga Pengunjung

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sejumlah pedagang dan pengunjung di blok A Pasar Manis Ciamis berhamburan keluar setelah melihat kebakaran di salah satu kios yang terus...

OJK Tasikmalaya Bersama DPR RI Berikan Penyuluhan Jasa Keuangan di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- OJK Tasikmalaya bersama Anggota Komisi XI DPR RI Agun Gunandjar Sudarsa dan Pemkab Ciamis memberikan penyuluhan jasa keuangan kepada masyarakat. Kegiatan...

Siswa di SD Negeri Ciamis Ini Sedikit, Para Guru Tetap Semangat Antar Jemput

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- SD Negeri 3 Panaragan di Desa Panaragan, Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis memiliki siswa yang sedikit. Bahkan siswa barunya hanya 8 orang...
IMG-20240721-WA0006
IMG-20240721-WA0006

Terpopuler

Lainnya