Kamis, Mei 30, 2024

Kondisi Kunjungan Wisata Ciamis saat Libur Lebaran 2024

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kabupaten Ciamis saat ini bukan daerah tujuan utama untuk wisata. Namun ada sejumlah wisata yang menarik dikunjungi terutama saat liburan. Pada momen Libur Lebaran 2024 kemarin, kondisi tingkat kunjungan wisata di Ciamis mengalami kenaikan sebesar 18 persen dari tahun lalu yang tercatat sebanyak 44 ribu.

Wisatawan didominasi oleh para pemudik yang merupakan warga Ciamis yang pulang kampung. Mereka kangen dengan suasana Ciamis dan memilih untuk mengunjungi wisata di Ciamis.

Meski Ciamis punya potensi alam yang melimpah jadi destinasi wisata. Namun Ciamis bukan daerah tujuan wisata seperti Pangandaran dengan pantainya atau Garut dengan wisata cipanasnya.

“Kunjungan wisata di libur lebaran memang ada kenaikan tapi tidak terlalu signifikan. Jumlah kunjungan libur lebaran tahun ini sekitar 52 ribu wisatawan, naik 18 persen dari tahun lalu,” ujar Kabid Destinasi Wisata Dinas Pariwisata Ciamis Dian Kusdiana alias Udeng, Rabu (17/4/2024).

Dian Udeng menyebut wisata wahana air seperti Waterboom masih mendominasi kunjungan. Selain itu ada juga wisata alam yang menyuguhkan daya tarik atraksi seperti Situ Lengkong Panjalu dengan perahunya, Mini Ranch Cibeureum, Hutan Pinus Darmacaang dan wisata sungai seperti Wisata Alam Cireong dan Cadas Ngampar.

“Kalau Waterboom seperti Sukajadi, Sumber Jaya sudah dipastikan ramai. Ada juga wisata alam yang ramai dikunjungi seperti Situ Lengkong dan Mini Ranch Cibeureum Sukamantri. Termasuk wisata kolam legendaris TirtaWinaya,” jelas Dian.

Selain didominasi oleh wisatawan lokal, destinasi wisata di Ciamis juga diramaikan oleh para pemudik yang merupakan warga Ciamis.

“Mereka.oilanh ke Ciamis, kangen dengan suasana Ciamis dan melepas kangen dengan berkunjung ke beberapa tempat di Ciamis,” ucapnya.

Kunjungan ini didominasi oleh wisatawan pemudik yang asli warga Ciamis mudik ke Ciamis yang berwisata di Ciamis. karena kangen melepas kangen. (Ayu/CN/Djavatoday)

Hasil Survei Partai Golkar, Herdiat Sunarya Diunggulkan di Pilkada Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Partai Golkar telah melakukan survei pertama untuk calon kepala daerah pada Pilkada 2024. Hasil survei itu, Partai Golkar Ciamis menyatakan Herdiat...

Hadiri Pelantikan Perangkat Desa Janggalaharja, Camat Rancah Ciamis Sampaikan Pesan Ini

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kepala Desa Janggalaharja Saefuloh melantik Asep Aldi Reza Syaiful Milah sebagai perangkat desa Kaur Perencanaan. Pelantikan yang digelar di GOR Desa...

PSGC Ciamis Bubarkan Tim Usia Gagal ke 8 Besar Liga 3 Nasional

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- PSGC Ciamis membubarkan tim musim 2023/2024 setelah gagal lolos ke babak 8 besar Liga 3 Nasional. Laskar Singacala kandas di babak...

Jalan Mundur Warnai Aksi Solidaritas Jurnalis Ciamis Tolak RUU Penyiaran

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sejumlah jurnalis dari Ciamis, Banjar dan Pangandaran melakukan aksi unjuk rasa di depan Gedung DPRD Ciamis, Selasa (28/5/2024). Mereka menyerukan penolakan...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya