Senin, Juni 17, 2024

Kolam Renang Tirtawinaya Ciamis Akan Jadi Tempat Wisata Terintegrasi

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis akan melakukan penataan untuk kolam renang Tirtawinaya. Kolam renang legendaris milik Pemkab ini akan dijadikan tempat wisata terintegrasi. Dengan memadukan antara prestasi, rekreasi dan pemberdayaan.

Kondisi Kolam Tirtawinaya saat ini cukup memprihatinkan.  Sempat merasakan masa kejayaan pada tahun 90an dan terkenal di kalangan lapisan masyarakat Ciamis, kini kolam tersebut seperti dilupakan.

Karena sepi, Kolam Renang Tirtawinaya Ciamis tidak hidup ataupun tidak mati. Sehingga beberapa fasilitas kolam pun tak sedikit yang terbengkalai. Dengan banyaknya obyek wisata buatan yang lebih modern, membuat Tirtawinaya semakin sulit bersaing.

Prihatin akan hal itu, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menyatakan akan kembali melakukan penataan kolam renang tersebut. Pemkab Ciamis merencanakan untuk menjadikannya sebagai tempat wisata terintegrasi.

“Kolam renang Tirtawinaya ini akan dijadikan tempat wisata terintegrasi, mulai dari wisata prestasi, disini akan dibangun kolam berstandar nasional. Kolam renang rekreasi dan kolam edukasi dan pemberdayaan terutama untuk perikanan, seperti ikan koi,” ujar Herdiat ketika menebar 4.000 benih ikan Koi untuk pengembangan pariwisata berbasis perikanan di lokasi tersebut, Jumat (13/11/2020).

Rencanannya, pembangunan bisa digelar pada tahun 2021 atau tahun 2022. Pemkab Ciamis saat ini telah menbuat membuat detail engineering design (DED) wisata terintegrasi tersebut.  Selain itu juga ada penambahan lahan 2 hektar untuk mewujudkan tempat wisata terintegrasi tersebut.

Sementara itu, 4.000 benih ikan koi ini hibah dari Pembudidaya Perikanan Ciamis (PPC). Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengapreasiasi langkah PPC dalam mendukung pengembangan wisata di Ciamis.

“Insyalloh benih ikan di Kolam Renang Tirtawinaya ini akan kami jaga dan rawat sampai tumbuh besar dan bisa berdaya untuk masyarakat,” ucapnya. (CN/Djavatoday)

Mengenal Batu Palinggih di Situs Astana Gede Kawali Ciamis, Tempat Melantik Raja Galuh

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebuah batu di Astana Gede Kawali, Kabupaten Ciamis, dipercaya peninggalan Kerajaan Galuh yang dinamakan Palinggih. Konon batu tersebut dulunya menjadi tempat...

Diduga Korsleting Listrik, Pabrik Makanan Ringan di Kawali Ciamis Hangus Terbakar

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pabrik makanan ringan di Dusun Pari, Desa Linggapura, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, hangus terbakar. Penyebab kebakaran diduga dari korsleting listrik. Kebakaran...

Jelang Idul Adha, Pedagang Kulit Ketupat di Ciamis Menjamur

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Menjelang hari raya Idul Adha, pedagang kulit ketupat musiman mulai menjamur di Pasar Manis Ciamis, Minggu (16/6/2024). Selain di Pasar Manis Ciamis,...

Rumah Lansia di Banjaranyar Ciamis Rusak Tertimpa Pohon Petai Tumbang

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Rumah Pardi seorang lansia berusia 79 tahun di Dusun Mekarsari, Desa Cikupa, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, rusak akibat tertimpa pohon petai...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya