Rabu, Februari 28, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Kolam Renang Tirtawinaya Ciamis Akan Jadi Tempat Wisata Terintegrasi

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis akan melakukan penataan untuk kolam renang Tirtawinaya. Kolam renang legendaris milik Pemkab ini akan dijadikan tempat wisata terintegrasi. Dengan memadukan antara prestasi, rekreasi dan pemberdayaan.

Kondisi Kolam Tirtawinaya saat ini cukup memprihatinkan.  Sempat merasakan masa kejayaan pada tahun 90an dan terkenal di kalangan lapisan masyarakat Ciamis, kini kolam tersebut seperti dilupakan.

Karena sepi, Kolam Renang Tirtawinaya Ciamis tidak hidup ataupun tidak mati. Sehingga beberapa fasilitas kolam pun tak sedikit yang terbengkalai. Dengan banyaknya obyek wisata buatan yang lebih modern, membuat Tirtawinaya semakin sulit bersaing.

Prihatin akan hal itu, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menyatakan akan kembali melakukan penataan kolam renang tersebut. Pemkab Ciamis merencanakan untuk menjadikannya sebagai tempat wisata terintegrasi.

“Kolam renang Tirtawinaya ini akan dijadikan tempat wisata terintegrasi, mulai dari wisata prestasi, disini akan dibangun kolam berstandar nasional. Kolam renang rekreasi dan kolam edukasi dan pemberdayaan terutama untuk perikanan, seperti ikan koi,” ujar Herdiat ketika menebar 4.000 benih ikan Koi untuk pengembangan pariwisata berbasis perikanan di lokasi tersebut, Jumat (13/11/2020).

Rencanannya, pembangunan bisa digelar pada tahun 2021 atau tahun 2022. Pemkab Ciamis saat ini telah menbuat membuat detail engineering design (DED) wisata terintegrasi tersebut.  Selain itu juga ada penambahan lahan 2 hektar untuk mewujudkan tempat wisata terintegrasi tersebut.

Sementara itu, 4.000 benih ikan koi ini hibah dari Pembudidaya Perikanan Ciamis (PPC). Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengapreasiasi langkah PPC dalam mendukung pengembangan wisata di Ciamis.

“Insyalloh benih ikan di Kolam Renang Tirtawinaya ini akan kami jaga dan rawat sampai tumbuh besar dan bisa berdaya untuk masyarakat,” ucapnya. (CN/Djavatoday)

Resmikan Masjid Al Marjani Cisaga, Wabup Ciamis Ajak Warga Memakmurkan Masjid

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra meresmikan Masjid Al Marjani di Desa Cisaga, Kecamatan Cisaga, Selasa (27/2/2024) malam. Dalam kesempatan itu,...

Kisah Inspiratif Daryaman, Pedagang Gorengan di Ciamis Raih Gelar Doktor

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Cerita inspiratif datang dari Daryaman (40), seorang pedagang gorengan di Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, yang menempuh pendidikan tinggi hingga meraih...

Dinsos Ciamis Salurkan Bantuan untuk Korban Angin Puting Beliung di Sadananya

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Sosial (Dinsos) Ciamis melalui FK Tagana Ciamis menyalurkan bantuan logistik untuk korban bencana angin puting beliung di Mangkubumi, Kecamatan Sadananya. Diketahui,...

Ratusan Rumah di Sadananya Ciamis Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

Berita Ciamis (Djavatoday.com), - Angin puting beliung disertai hujan deras melanda wilayah Desa Mangkubumi, Kecamatan Sadananya, Ciamis. Perisitiwa yang terjadi pada Senin (26/2/2024) petang...
spot_img

Terpopuler

Lainnya