Sabtu, Februari 24, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

21 Anak di Ciamis Ikuti Khitanan Massal Gratis

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebanyak 21 anak di Desa Sukamaju Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat mengikuti khitanan massal, Minggu (15/11/2020)

Khitanan massal tersebut diselenggarakan Warga Desa Sukamaju bekerjasama dengan Pemerintah Desa Sukamaju dengan tema Ayo Sunat.

Panitia Pelaksana Khitanan Desa Sukamaju Asep menuturkan, sunatan Massal tidak dipungut biaya. Kegiatan tersebut dilaksanakan di rumah keluarga besar H Upay RT 01/01 Kecamatan Baregbeg, salah satu toko masyarakat.

“Untuk peserta sunatnya sendiri dibatasi, diikuti oleh 21 orang saja. Kami bekerjasama dengan aparatur Desa dalam mendata peserta yang belum disunat di wilayah Desa Sukamaju,” katanya.

Sementara peserta sunatan massal Faqih usia 5 tahun, terlihat sangat panik dan ketakutan saat menunggu antrian. Ibunda Faqih Hinda menuturkan, dari rumah anaknya sudah menangis ketakutan.

“Sebenarnya saya ga tega, tapi mau gimana lagi ini kesempatan tidak harus mengeluarkan biaya,” kata Hinda.

Berbeda dengan peserta khitan lain Alfan 5 tahun, terlihat sangat semangat dan antusias. Ayahanda Alfan, Wawan mengaku, putranya ingin dikhitan sebelum masuk sekolah dasar. Mendengar pernyataan dari anaknya tersebut Wawan merasa sangat bangga.

“Beda sama anak yang lain anak saya tidak takut bahkan sangat bahagia,” tutur Wawan.

Peserta Yang selesai disunat akan mendapatkan makanan dan santunan berupa uang dan bingkisan dari pelaksana Acara.

Kegiatan tersebut diselenggarakan melalui protokol kesehatan. Panitia menyediakan tempat cuci tangan dan pembagian masker secara gratis.

Asep mengungkapkan, setiap peserta atau orang tua yang mengantar harus mencuci tangan dan jaga jarak ketika menunggu antrian.

“Iya sekarang masih pandemi covid 19 apalagih sekarang di Ciamis banyak yang terpapar. Jadi saya menyuruh panitia membuatkan tempat cuci tangan dan membagikan masker secara gratis,” ucap Asep.

Warga setempat, Cecep Dayat mengaku, kegiatan ini sangat baik ditengah kondisi ekonomi masyarakat yang sedang lumpuh akibat pandemi Covid 19.

“Saya sangat mendukung Khitanan Massal ini,dapat meringankan beban keluarga yang kurang mampu,” ucapnya. (IA/Djavatoday)

Kenali Manfaat dan Khasiatnya, Ini Dia Pentingnya Minum Jamu

Pentingnya minum jamu cukup populer kedengarannya. Sebagai bangsa Indonesia, minum jamu adalah tradisi yang sudah dilakukan sejak dulu-dulu untuk menjaga kesehatan. Terkenal dengan khasiatnya,...

Cerita Jembatan Cilokat di Buniseuri Ciamis yang Angker

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Jembatan Cilokat di Jalan Raya Ciamis-Kawali, tepatnya di Desa Buniseuri, Kecamatan Cipaku, dikenal angker. Konon di jembatan tersebut kerap terdengar suara...

Cerita Asal Usul Nama Desa Baregbeg Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Baregbeg merupakan nama sebuah desa di Kabupaten Ciamis. Menarik untuk dibahas mengenai cerita asal usul penamaan desa tersebut. Konon menurut cerita, nama...

Ini Layanan di Perpustakaan Ciamis, Ada Ruang Baca Bertema Angkasa hingga Audio Visual

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Ciamis terus berupaya meningkatkan layanan kepada masyarakat. Terutama dalam meningkatkan minat baca bagi anak usia dini. Lalu...

Terpopuler

Lainnya