Senin, Juni 17, 2024

Kepala Sekolah SMP di Ciamis Sukses Jadi Pedagang Tanaman Hias

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Koleksi tanaman hias memang sedang tren saat ini. Maka dari itu, banyak masyarakat memanfaatkanya untuk menjadi ladang bisnis, karena dinilai sangat meyakinkan.  Seperti Kepala Sekolah SMP di Ciamis yang sukses menjadi pedagang tanaman hias.

Adalah Edy Rusyana yang terjun langsung ke bisnis jual beli tanaman hias. Bahkan, tanaman yang dijualnya juga mencapai jutaan rupiah.

“Saya baru bisnis ini, setelah awal adanya pandemi Covid-19. Tidak hanya itu, memang mengoleksi tanaman hias adalah hobi sejak kecil,” kata Edy, Selasa (19/1/2021).

Edy yang merupakan Kepala Sekolah SMP N 3 Ciamis ini mengaku punya kesenangan tersendiri saat bisnis tanaman hias. Selain keuntungan yang didapat, ada satu hal yang membuatnya tersenyum yakni saat konsumen memanggilnya ‘Emang’.

“Banyak hal baru yang saya rasakan. Terutama tentang cara menanam yang benar jadi bisa memprediksi apakah tanaman ini akan hidup atau mati,” ungkapnya.

Disamping menjadi pedagang tanaman, Edy selalu membagi waktunya untuk mengabdi kepada negara yakni menjadi kepala sekolah.

“Sekolah tetap saya urus kok, tanaman hias ini kan saya punya pegawai, jadi tidak selamanya saya mengurus tanaman. Yang lebih pentingkan tugas saya di sekolah,” ucap Kepala Sekolah SMP ini.

Edy menuturkan, dimasa pandemi Covid-19 banyak masyarakat yang mengeluh tentang turunnya perekonomian. Namun begitu, pihaknya selalu memberikan motivasi kepada masyarakat untuk berwirausaha.

“Jika ada peluang kenapa tidak berwirausaha. Semua orang juga punya peluang dan harapan. Jika kita tidak berbuat apa-apa mungkin kita juga tidak akan punya apa-apa,” Kepala Sekolah SMP itu.

Kesuksesan hari ini memang banyak kegagalan yang Edy tempuh, pihaknya pernah mengalami kerugian karena tanamannya mati dan tidak bisa dijual. “Dulu saya capek dan kesal karena nunggu konsumen yang tidak ada. Namun sekarang alhamdulilah, gak usah ditunggu juga konsumen datang sendiri setiap harinya,” pungkasnya. (AsepFR/Djavtoday)

Idul Adha di Momen Hari Jadi Ciamis, Ini Pesan Pj Bupati Engkus

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ribuan warga Ciamis melaksanakan salat Idul Adha di Alun-alun Ciamis, Senin (17/6/2024). Momen Idul Adha kali ini menjadi lebih spesial karena...

Mengenal Batu Palinggih di Situs Astana Gede Kawali Ciamis, Tempat Melantik Raja Galuh

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebuah batu di Astana Gede Kawali, Kabupaten Ciamis, dipercaya peninggalan Kerajaan Galuh yang dinamakan Palinggih. Konon batu tersebut dulunya menjadi tempat...

Diduga Korsleting Listrik, Pabrik Makanan Ringan di Kawali Ciamis Hangus Terbakar

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pabrik makanan ringan di Dusun Pari, Desa Linggapura, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, hangus terbakar. Penyebab kebakaran diduga dari korsleting listrik. Kebakaran...

Jelang Idul Adha, Pedagang Kulit Ketupat di Ciamis Menjamur

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Menjelang hari raya Idul Adha, pedagang kulit ketupat musiman mulai menjamur di Pasar Manis Ciamis, Minggu (16/6/2024). Selain di Pasar Manis Ciamis,...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya