spot_img
Rabu, November 30, 2022
spot_img

Kepala Sekolah SMP di Ciamis Sukses Jadi Pedagang Tanaman Hias

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Koleksi tanaman hias memang sedang tren saat ini. Maka dari itu, banyak masyarakat memanfaatkanya untuk menjadi ladang bisnis, karena dinilai sangat meyakinkan.  Seperti Kepala Sekolah SMP di Ciamis yang sukses menjadi pedagang tanaman hias.

Adalah Edy Rusyana yang terjun langsung ke bisnis jual beli tanaman hias. Bahkan, tanaman yang dijualnya juga mencapai jutaan rupiah.

“Saya baru bisnis ini, setelah awal adanya pandemi Covid-19. Tidak hanya itu, memang mengoleksi tanaman hias adalah hobi sejak kecil,” kata Edy, Selasa (19/1/2021).

Edy yang merupakan Kepala Sekolah SMP N 3 Ciamis ini mengaku punya kesenangan tersendiri saat bisnis tanaman hias. Selain keuntungan yang didapat, ada satu hal yang membuatnya tersenyum yakni saat konsumen memanggilnya ‘Emang’.

“Banyak hal baru yang saya rasakan. Terutama tentang cara menanam yang benar jadi bisa memprediksi apakah tanaman ini akan hidup atau mati,” ungkapnya.

Disamping menjadi pedagang tanaman, Edy selalu membagi waktunya untuk mengabdi kepada negara yakni menjadi kepala sekolah.

“Sekolah tetap saya urus kok, tanaman hias ini kan saya punya pegawai, jadi tidak selamanya saya mengurus tanaman. Yang lebih pentingkan tugas saya di sekolah,” ucap Kepala Sekolah SMP ini.

Edy menuturkan, dimasa pandemi Covid-19 banyak masyarakat yang mengeluh tentang turunnya perekonomian. Namun begitu, pihaknya selalu memberikan motivasi kepada masyarakat untuk berwirausaha.

“Jika ada peluang kenapa tidak berwirausaha. Semua orang juga punya peluang dan harapan. Jika kita tidak berbuat apa-apa mungkin kita juga tidak akan punya apa-apa,” Kepala Sekolah SMP itu.

Kesuksesan hari ini memang banyak kegagalan yang Edy tempuh, pihaknya pernah mengalami kerugian karena tanamannya mati dan tidak bisa dijual. “Dulu saya capek dan kesal karena nunggu konsumen yang tidak ada. Namun sekarang alhamdulilah, gak usah ditunggu juga konsumen datang sendiri setiap harinya,” pungkasnya. (AsepFR/Djavtoday)

Bupati Herdiat Sunarya Jadi Dewan Pembina KTNA Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bupati Ciamis Herdiat Sunarya membuka secara resmi acara Mimbar Sarasehan Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA). Kegiatan digelar di Aula di Dinas...

Buka Mimbar Sarasehan KTNA, Bupati Ciamis: Petani Tetap Optimis

Berita Ciamis (Djavatoday.com) - Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya membuka kegiatan mimbar sarasehan Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) tingkat Kabupaten Ciamis. Kegiatan tersebut berlangsung di Aula...

Penyaluran Bansos di Ciamis, Warga Penerima Manfaat Senang Dapat Tunai

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Warga penerima manfaat Bantuan Sosial (Bansos) dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI, tampak merasa senang saat menerima penyaluran Bansos tahap akhir tahun...

Peringati HUT Korpri, Bupati Ciamis Berikan Apresiasi kepada 378 Purna Bakti

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dalam rangka memperingati HUT Korpri ke-51, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya berikan apresiasi kepada 378 Purna Bakti. Apresiasi itu diberikan setelah Upacara...
- Advertisment -Advertisment

Terpopuler

Lainnya