Minggu, Februari 25, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Kejari Ciamis Tahan Tersangka Korupsi Retribusi Situ Lengkong Panjalu

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Ciamis (Djavatoday.com),- Kejaksaan Negeri atau Kejari Ciamis tahan tersangka kasus dugaan korupsi retribusi Situ Lengkong Panjalu. Proses penahanan dilakukan di Kantor Kejari Ciamis Jalan Siliwangi, Rabu (16/9/2020) siang.

“Tersangka merupakan mantan Kepala Desa di Panjalu berinisial RH. Saat ini kami telah melakukan penahanan terhadap tersangka,” ujar Kasi Pidsus Kejari Ciamis A Tri Nugraha saat pres rilis di halaman kantor Kejaksaan Negeri Ciamis usai melakukan proses penahanan tersangka.

Terungkapnya dugaan korupsi di Situ Lengkong Panjalu ini atas laporan masyarakat. Kemudian Kejari melakukan pemeriksaan saksi dan menghitung kerugian negara. Kini Kejari telah menetapkannya sebagai tersangka atas dugaan korupsi retribusi Situ Lengkong Panjalu.

Dari hasil laporan perhitungan kerugian negara dari BPK Provinsi Jabar yang diterima Kejari sebesar Rp 2,2 miliar lebih. yang mana tersangka tidak menyetorkan pendapatan daerah (PAD) sebagaimana diatur dalam Perbup Ciamis tentang dana bagi hasil Situ Lengkong.  

Atas dugaan kasus korupsi tersebut, Tersangka dijerat pasal 2 Jo pasal 3 Jo pasal 18 Undang-undang tindak pidana korupsi, dengan ancaman hukuman 4 sampai 20 tahun. Secepatnya Kejari akan melakukan pelimpahan ke pengadilan agar bisa segera menjalani proses persidangan.

“Untuk saat ini tidak ada tersangka lainnya. Namun kami juga terus melakukan pendalaman atas dugaan kasus korupsi Situ Lengkong Panjalu ini,” ucapnya.

Dengan demikian, pada tahun 2020 ini, Kejari Ciamis menangani 2 kasus korupsi yang mana tersangkanya adalah mantan Kepala Desa. Yang waktu melakukan tindak pidana masih sebagai Kepala Desa. Sedangkan 1 kasus diantaranya merupakan limpahan dari Polres Ciamis.

“Keduanya kami sudah melakukan penahanan terhadap mantan Kades Nagarajaya Kecamatan Panawangan  dan mantan Kades Panjalu, Kecamatan panjalu,” pungkasnya. (CN/Djavatoday)

Simak! Jadwal 5 Tradisi Jelang Ramadan 2024 di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bulan Ramadan tinggal beberapa hari lagi. Menjelang Bulan Ramadan, ada berbagai tradisi budaya yang biasa digelar masyarakat Tatar Galuh Ciamis. Biasanya...

Dispar Ciamis Berlakukan Penyesuaian Tarif Tiket Masuk 4 Obyek Wisata

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Ciamis akan memberlakukan penyesuaian tarif tiket masuk di obyek wisata yang dikelola Pemkab Ciamis. Penyesuaian tarif itu...

Hadiri Kuliah Umum, Wabup Yana: STIKes Muhammadiyah Ciamis Berkontribusi Tingkatkan IPM

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra menghadiri kegiatan kuliah umum di STIKes Muhammadiyah, Sabtu (24/2/2024). Yana menyebut STIKes Muhammadiyah menjadi pilar...

Cerita Jembatan Cilokat di Buniseuri Ciamis yang Angker

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Jembatan Cilokat di Jalan Raya Ciamis-Kawali, tepatnya di Desa Buniseuri, Kecamatan Cipaku, dikenal angker. Konon di jembatan tersebut kerap terdengar suara...

Terpopuler

Lainnya