Kamis, Juli 25, 2024

KBM Tatap Muka di Ciamis, Disdik Akan Bentuk Tim Verifikasi Sekolah

Ciamis (Djavatoday.com),- Sejak awal pandemi COVID-19 sampai sekarang, sekolah di Ciamis masih belum dibuka sudah berbulan-bulan. Pemkab Ciamis kini tengah berupaya agar belajar tatap muka bisa kembali digelar tapi tetap mengedepankan protokol kesehatan. Dinas Pendidikan Ciamis kini akan membentuk tim verifikasi sekolah untuk mengecek kesiapannya.

Bagi yang siap melaksanakan kegiatan belajar mengajar atau KBM tetap muka. Kini dalam tahap pengusulan kepada Bupati Ciamis.

Sekdis Pendidikan Kabupaten Ciamis Asep Saeful Rahmat mengatakan tim verifikasi sekolah ini nantinya terdiri dari Dinkes, Kantor Kemenag dan Kantor Cabang Dinas Pendidikan wilayah XIII, serta Dinas Kesehatan.

“Setelah dibentuk dengan SK dari Bupati Ciamis, nantinya akan melakukan pengecekan ke setiap sekolah, terutama dalam persiapan menerapkan protokol kesehatan COVID-19,” ujar Asep, Selasa (3/11/2020).

Elemen dari tim verifikasi sekolah ini akan bekerja sesuai dengan tugas pokoknya, seperti Dinas Pendidikan Ciamis akan mengecek SD dan SMP. Untuk MI, MTs dan MAN oleh Kemenag, sedangkan SMA dan SMK oleh kantor KCD.

“Sebelum membuka KBM tatap muka, akan dilakukan pengecekan terlebih dulu. Mulai dari ketersediaan tempat cuci tangan, hand sanitizer, jarak antar bangku di dalam kelas. Juga tata tertib memakai masker,” ungkapnya.

Selain sarana dan prasarana, kesiapan tenaga pengajar dan lingkungan sekolah pun harus memahami tentang kurikulum dalam kondisi khusus. Seperti di masa Pandemi COVID-19 sekarang.

Tim Verifikasi Sekolah Cek Kesiapan, Izin Pembukaan KBM Tergantung Bupati

Namun, meski  tim verifikasi selesai melakukan pengecekan dan dinyatakan layak untuk menjalankan KBM tatap muka tapi keputusan ada pada pimpinan daerah. Apakah bisa dilaksanakan KBM tatap muka atau tidak.

Tapi setidaknya dengan tim verifikasi sekolah ini sebagai persiapan. Ketika KBM bisa dibuka dengan kebiasaan baru, semua sekolah di Ciamis sudah siap menghadapinya dengan pencegahan COVID-19.

“Setelah verifikasi nantinya tinggal menunggu dimulai pemodelan agar bisa tatap muka itu. Jadi, nanti sekolah-sekolah mana saja yang akan tatap muka sesuai hasil verifikasi,” katanya.

Ia berharap angka kasus positif COVID-19 di Kabupaten Ciamis bisa menurun ketika verifikasi sekolah selesai dilaksanakan. Sehingga KBM tatap muka bisa segera berjalan.

Namun sejauh ini, Pemkab Ciamis masih terus memperpanjang pemberlakukan belajar daring (online) dari rumah secara periodik setiap dua Minggu sekali. Saat ini belajar daring diperpanjang sampai 16 November 2020. Ditambah lagi, angka positif COVID-19 di Ciamis setiap hari terus bertambah. (FR/CN/Djavaotday)

Geger, Mayat Pria Tanpa Identitas Ditemukan di Imbanagara Raya Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Mayat pria tanpa identitas ditemukan dalam kondisi membusuk di Dusun Warungkulon, Desa Imbanagara Raya, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Rabu...

Simulasi Kebakaran Pasar Manis Ciamis Diikuti Pedagang hingga Pengunjung

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sejumlah pedagang dan pengunjung di blok A Pasar Manis Ciamis berhamburan keluar setelah melihat kebakaran di salah satu kios yang terus...

OJK Tasikmalaya Bersama DPR RI Berikan Penyuluhan Jasa Keuangan di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- OJK Tasikmalaya bersama Anggota Komisi XI DPR RI Agun Gunandjar Sudarsa dan Pemkab Ciamis memberikan penyuluhan jasa keuangan kepada masyarakat. Kegiatan...

Siswa di SD Negeri Ciamis Ini Sedikit, Para Guru Tetap Semangat Antar Jemput

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- SD Negeri 3 Panaragan di Desa Panaragan, Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis memiliki siswa yang sedikit. Bahkan siswa barunya hanya 8 orang...
IMG-20240721-WA0006
IMG-20240721-WA0006

Terpopuler

Lainnya