Sabtu, Mei 25, 2024

Jelang Lebaran, Bupati Ciamis Berikan Bantuan Rutilahu

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Menjelang Lebaran Idul Fitri, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya memberikan secara langsung bantuan rumah tidak layak huni (Rutilahu) kepada dua warga.

Penyerahan bantuan Rutilahu itu dilaksanakan di Ruang Oproom Setda Ciamis, Senin (8/4/2024). Ada pun dua penerima bantuan adalah Eni, warga Rajadesa dan Sukaeman warga Kecamatan Panumbangan.

Kepala Dinas Sosial Ciamis Eka Oktaviana turut mendampingi Bupati Herdiat menyerahkan bantuan itu. Masing-masing penerima mendapat bantuan sebesar Rp 25 juta. Diharapkan bantuan itu dapat dimanfaatkan untuk memperbaiki rumah menjadi layak huni.

Dalam arahannya, Bupati menegaskan pentingnya penggunaan bantuan Rutilahu dengan tepat. Beliau menyadari bahwa untuk pembangunan rumah layak huni, bantuan tersebut tidaklah cukup. Oleh karena itu, Bupati menekankan pentingnya semangat gotong royong dan swadaya masyarakat.

“Kalau untuk membangun rumah yang layak huni mungkin tidak cukup. Saya ingin pembangunanya didirong gotong royong dan swadaya masyarakat, terutama dari para agnia,” ungkap Bupati Herdiat.

Beliau menyoroti bahwa dengan adanya partisipasi swadaya masyarakat, biaya pembangunan akan lebih efisien. Bupati berharap kepala desa setempat dapat mendorong dan meningkatkan semangat swadaya masyarakat di wilayahnya.

“Semoga bantuan ini dapat bermanfaat dan digunakan untuk membangun rumah yang benar-benar layak huni, menjadi langkah awal bagi perbaikan kondisi hunian masyarakat Ciamis, ” Harapnya.

Sementara itu, Eni, penerima bantuan Rutilahu, mengaku bahagia atas bantuan yang diterimanya. Dengan isak tangis, Ia mengungkapkan rasa terima kasihnya atas bantuan yang telah diberikan Bupati kepadanya.

“Saya sangat bahagia dan bersyukur atas bantuan Rutilahu yang telah diberikan kepada saya,” ucapnya.

Baginya, bantuan ini bukan sekadar materi, tetapi juga sebuah harapan baru untuk memiliki tempat tinggal yang layak bagi dirinya bersama keluarga.

Kepala Dinas Sosial Ciamis: Pemantauan Desa Penting Pastikan Pembangunan Bantuan Rutilahu

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Ciamis, Eka Permana Oktaviana, menekankan pentingnya pemantauan yang berkelanjutan dari pihak desa.

“Evaluasi dan pemantauan dari pihak desa sangat penting untuk memastikan pembangunan Rutilahu berjalan dengan baik,” ujar Eka Permana Oktaviana.

Ia menambahkan bahwa nantinya akan dilakukan penilaian atau assesmen oleh pihak dinas, sehingga pembangunan tersebut dapat dipertanggungjawabkan secara menyeluruh.

“Langkah-langkah ini diharapkan dapat memastikan bahwa bantuan yang diberikan benar-benar bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan,” jelasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Viral Ratusan Pencari Kerja Melamar Kerja ke Warung Seblak hingga Antre di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Viral di media sosial video yang memperlihatkan ratusan pencari kerja antre melamar pekerjaan di sebuah warung seblak di Kabupaten Ciamis. Video tersebut...

Melihat Kegiatan Budaya Ngarumat Lembur di Desa Cisontrol Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ratusan warga Desa Cisontrol, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, mengikuti kegiatan budaya Ngarumat Lembur. Kegiatan tersebut digelar pada Rabu (22/5/2024). Ngarumat Lembur tersebut...

Polres Ciamis Punya Lapangan Tembak, Latih Kemampuan Anggota Menembak

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Polres Ciamis kini memiliki lapangan tembak bernama Satya Haprabu 8904. Lapangan tembak tersebut dibangun untuk melatih kemampuan menembak para anggota. Kapolda Jawa...

Pipa Transmisi Gunung Cupu Masih Diperbaiki, Perumda Tirta Galuh Ciamis Bagi Dua Layanan Air Bersih

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pipa Transmisi milik Perumda Tirta Galuh di Gunung Cupu, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis, masih dalam perbaikan. Akibatnya pelayanan distribusi air bersih...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya