Rabu, Juni 19, 2024

Jalan Mundur Warnai Aksi Solidaritas Jurnalis Ciamis Tolak RUU Penyiaran

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sejumlah jurnalis dari Ciamis, Banjar dan Pangandaran melakukan aksi unjuk rasa di depan Gedung DPRD Ciamis, Selasa (28/5/2024). Mereka menyerukan penolakan terhadap RUU Penyiaran.

Massa berkumpul di sekretariat Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Galuh Raya Jalan Ahmad Yani. Mereka kemudian melakukan jalan kaki ke gedung DPRD Ciamis.

Massa juga melakukan aksi jalan mundur hingga sampai ke depan gedung DPRD Ciamis. Perwakilan massa pun melakukan orasi yang intinya menolak RUU Penyiaran.

Kemudian dilanjutkan dengan aksi teatrikal dari seniman, tabur bunga, hingga para jurnalis menggantungkan id card masing-masing.

Massa aksi juga meminta anggota DPRD Ciamis untuk mendengarkan tuntutan. Namun hingga aksi berakhir tidak ada seorang anggota dewan pun yang datang.

“Kami menolak tegas draf RUU Penyiaran versi Maret 2024. Menyerukan Pemerintah Pusat dan DPR berhenti membungkam Pers atau mengikis hak masyarakat mendapatkan informasi,” ujar Korlap Aksi Adeng Bustomi.

Para jurnalis Ciamis juga menuntut KPI tidak ikut campur untuk pengaturan penyiaran media, sementara masih ada Dewan Pers.

“Jangan menghalangi jurnalis investigasi yang dianggap menghalangi penyelidikan polisi,” teganya.

Adeng pun menjelaskan terkait aksi jalan mundur yang dilakukan para jurnalis Ciamis. Tujuannya sebagai ekspresi atas kemunduran demokrasi di negeri ini.

“Kami anggap demokrasi hari ini mundur. Ketika RUU penyiaran disahkan akan lebih mundur. Jadi sebagai bentuk ekspresi kami menyuarakannya dengan jalan mundur,” tegasnya.

Kemudian teatrikal yang dilakukan dengan melibatkan Seniman Teater Ciamis Jaro X yus. Tujuannya menunjukan bahwa kebebasan pers yang terbelenggu oleh RUU penyiaran yang akan dibahas di Senayan.

“Kami juga melakukan aksi tabur bunga sebagai bentuk kematian pekerja pers,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Masuk 3 Besar Penilaian Adminduk Prima Jabar, Ini Inovasi Disdukcapil Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Setelah masuk 3 besar pada penilaian Adminduk Prima Provinsi Jabar, Disdukcapil Ciamis mempunyai beberapa inovasi pelayanan online. Adapun salah satu inovasi tersebut...

Keren, Disdukcapil Ciamis Masuk 3 Besar Lolos Penilaian Adminduk Prima Provinsi Jabar

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Disdukcapil Ciamis, masuk 3 besar lolos penilaian dalam hasil seleksi administrasi Adminduk Prima Provinsi Jawa Barat. Pada kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah Ciamis,...

Bus dan Truk Kecelakaan di Ciamis, Arus Lalu Lintas Sempat Macet

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebuah bus dan mobil truk terlibat kecelakaan di Tanjakan Cibeka, Desa Karangkamulyan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis. Kecelakaan tersebut terjadi Selasa (18/6/2024) sekitar...

Pemkab Ciamis Imbau Panitia Kurban Bagikan Daging Tidak Pakai Kantong Plastik

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis mengeluarkan edaran Nomor : 600.4.15/1068-DPRKPLH. 03/2024 tentang pelaksanaan hari raya Idul Adha 1445/2024 Tanpa Sampah atau Kantong Plastik. Edaran...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya