Kamis, Februari 29, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Peringatan Hari Air Dunia di Ciamis, Sekda Jabar Ajak Warga Muliakan Air

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Peringatan Hari Air Dunia ke 29 tingkat Provinsi Jawa Barat digelar di Situ Wangi, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Senin (22/3/2021). Dalam momen ini, Sekretaris Daerah Kabar Setiawan Wangsaatmaja mengajak masyarakat untuk memuliakan dan menjunjung tinggi air.

Hal itu disampaikan saat memperingati Hari Air Dunia secara virtual, karena tidak hadir secara langsung di Lokasi. Sebab saat ini masih dalam kondisi Pandemi.

“Kira harus menjunjung tinggi dan memuliakan air. Momentum perubahan paradigma. Mendorong pengambilan keputusan bukan hanya program saja tapi aksi nyata dalam alokasi air sesuai kebutuhan. Konsumsi yang adil, ekonomis dan produktif, sehingga wilayah menjadi makmur, lingkungan aman dan lestari,” ujar Setiawan.

Menurut Setiawan, subjek dalam memuliakan air harus seiring antara kearifan masyarakat dan globalisasi. Menjaga mutu air untuk kebutuhan mahluk dan dengan memuliakan air supaya terhindar dari bencana banjir dan longsor.

“Salah satu upaya memuliakan air minimal dengan tidak membuang sampah ke sungai, danau dan laut,” ungkapnya.

Dalam peringatan Hari Air Dunia ini, ditandai dengan penebaran benih ikan di danau atau Situ Wangi serta penanaman pohon di area tersebut, oleh Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra. Sekaligus pencanangan penataan Situ Wangi.

Sementara itu, Wabup Ciamis Yana D Putra menyatakan kebahagiaan tersendiri Ciamis ditunjuk jadi tempat kegiatan peringatan Hari Air Dunia ke 29 Jabar dengan tema Valuing Water.

Menurutnya, air merupakan kebutuhan pokok sumber kehidupan sehingga sudah seharusnya menjaga ketersediaan air dengan merawat lingkungan.

“Melihat dari sejarah, pada jaman kerajaan, seperti di Ciamis kita melihat tempat kerajaan dekat dengan sumber air. Mari semua warga Tatar Galuh untuk memuliakan air dengan menjaga kelestarian alam,” jelasnya. (CN/AY/Djavatoday)

Pemilihan Duta Baca Ciamis 2024, Upaya Tingkatkan Literasi Masyarakat

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ciamis bekerja sama dengan Paguyuban Duta Baca Ciamis menggelar Pemilihan Duta Baca Ciamis tahun 2024. Kegiatan digelar...

Resmikan Masjid Al Marjani Cisaga, Wabup Ciamis Ajak Warga Memakmurkan Masjid

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra meresmikan Masjid Al Marjani di Desa Cisaga, Kecamatan Cisaga, Selasa (27/2/2024) malam. Dalam kesempatan itu,...

Kisah Inspiratif Daryaman, Pedagang Gorengan di Ciamis Raih Gelar Doktor

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Cerita inspiratif datang dari Daryaman (40), seorang pedagang gorengan di Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, yang menempuh pendidikan tinggi hingga meraih...

Dinsos Ciamis Salurkan Bantuan untuk Korban Angin Puting Beliung di Sadananya

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Sosial (Dinsos) Ciamis melalui FK Tagana Ciamis menyalurkan bantuan logistik untuk korban bencana angin puting beliung di Mangkubumi, Kecamatan Sadananya. Diketahui,...
spot_img

Terpopuler

Lainnya