Kamis, Februari 29, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Gerakan Pramuka Ciamis Gelar Penyegaran Pelatih, Tingkatkan Motivasi

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Ciamis menggelar penyegaran pelatih di Gedung Pramuka, Sabtu (20/3/2021).

Kegiatan ini dilakukan bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan kompetensi para pelatih Pramuka. Sehingga gerakan Pramuka ini bermanfaat untuk masyarakat.

“Dengan peningkatan motivasi dan kompetensi ini, Gerakan Pramuka Ciamis bisa bermanfaat bagi masyarakat,” ujar Ketua Kwarcab Pramuka Ciamis Nanang Permana.

Menurut Nanang, inovasi membutuhkan sebuah kompetensi. Sebab, orang yang tidak berkompeten mustahil bisa melahirkan inovasi. Untuk itu, para pelatih Pramuka dihadapkan mampu melahirkan inovasi. Salah satu caranya dengan memperlakukan alam dengan adil dan beradab.

“Inovasinya bagaimana memperlakukan alam secara adil dan beradab. Begitu juga dengan peserta didik harus diperlakukan adil dan beradab. Saat ini anak kita diberikan olah huruf dan angka tidak mengolah diri dan alam,” ungkap Nanang.

Gerakan Pramuka Kabupaten Ciamis harus mampu memberikan adil dan beradab kepada anak didik. Adil pada diri dan alam bukan adil pada tumpukan huruf dan angka.

“Sehingga lahir pelatih yang melahirkan inovasi menularkan orientasinya. Pramuka harus bermanfaat bagi masyarakat. Orirntiasinya masyarakat bisa merasakan manfaat pramuka,” ungkapnya.

Salah satu langkah nyata Pramuka adalah dengan Gerakan Nanam Padi di Polibeg. Saat ini getarannya sudah dirasakan di Kabupaten Ciamis dan dapat meresonansi masyarakat.

“Menanam padi bersama anak-anak. Bagaimana nanam padi untuk makan. Karena sekolah tidak mengajarkannya lagi. Sekarang masyarakat mulai terkena resonansi dengan gerakan nanam padi di polibeg,” tegasnya. (AY/CN/Djavatoday)

Pemilihan Duta Baca Ciamis 2024, Upaya Tingkatkan Literasi Masyarakat

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ciamis bekerja sama dengan Paguyuban Duta Baca Ciamis menggelar Pemilihan Duta Baca Ciamis tahun 2024. Kegiatan digelar...

Resmikan Masjid Al Marjani Cisaga, Wabup Ciamis Ajak Warga Memakmurkan Masjid

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra meresmikan Masjid Al Marjani di Desa Cisaga, Kecamatan Cisaga, Selasa (27/2/2024) malam. Dalam kesempatan itu,...

Kisah Inspiratif Daryaman, Pedagang Gorengan di Ciamis Raih Gelar Doktor

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Cerita inspiratif datang dari Daryaman (40), seorang pedagang gorengan di Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, yang menempuh pendidikan tinggi hingga meraih...

Dinsos Ciamis Salurkan Bantuan untuk Korban Angin Puting Beliung di Sadananya

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Sosial (Dinsos) Ciamis melalui FK Tagana Ciamis menyalurkan bantuan logistik untuk korban bencana angin puting beliung di Mangkubumi, Kecamatan Sadananya. Diketahui,...
spot_img

Terpopuler

Lainnya