Selasa, Juli 23, 2024

Gerakan Pramuka Ciamis Gelar Penyegaran Pelatih, Tingkatkan Motivasi

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Ciamis menggelar penyegaran pelatih di Gedung Pramuka, Sabtu (20/3/2021).

Kegiatan ini dilakukan bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan kompetensi para pelatih Pramuka. Sehingga gerakan Pramuka ini bermanfaat untuk masyarakat.

“Dengan peningkatan motivasi dan kompetensi ini, Gerakan Pramuka Ciamis bisa bermanfaat bagi masyarakat,” ujar Ketua Kwarcab Pramuka Ciamis Nanang Permana.

Menurut Nanang, inovasi membutuhkan sebuah kompetensi. Sebab, orang yang tidak berkompeten mustahil bisa melahirkan inovasi. Untuk itu, para pelatih Pramuka dihadapkan mampu melahirkan inovasi. Salah satu caranya dengan memperlakukan alam dengan adil dan beradab.

“Inovasinya bagaimana memperlakukan alam secara adil dan beradab. Begitu juga dengan peserta didik harus diperlakukan adil dan beradab. Saat ini anak kita diberikan olah huruf dan angka tidak mengolah diri dan alam,” ungkap Nanang.

Gerakan Pramuka Kabupaten Ciamis harus mampu memberikan adil dan beradab kepada anak didik. Adil pada diri dan alam bukan adil pada tumpukan huruf dan angka.

“Sehingga lahir pelatih yang melahirkan inovasi menularkan orientasinya. Pramuka harus bermanfaat bagi masyarakat. Orirntiasinya masyarakat bisa merasakan manfaat pramuka,” ungkapnya.

Salah satu langkah nyata Pramuka adalah dengan Gerakan Nanam Padi di Polibeg. Saat ini getarannya sudah dirasakan di Kabupaten Ciamis dan dapat meresonansi masyarakat.

“Menanam padi bersama anak-anak. Bagaimana nanam padi untuk makan. Karena sekolah tidak mengajarkannya lagi. Sekarang masyarakat mulai terkena resonansi dengan gerakan nanam padi di polibeg,” tegasnya. (AY/CN/Djavatoday)

Mengenal Tradisi Hajat Bumi Cariu Sukadana Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Warga Dusun Cariu, Desa Sukadana, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Ciamis, menggelar Tradisi Hajat Bumi. Tradisi tersebut digelar setiap Bulan Muharram. Hajat Bumi Cariu...

Cegah Terjadinya Tiga Dosa Besar, Disdik Ciamis Mempunyai TPPK

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dalam upaya pencegahan terjadinya tiga dosa besar di lingkungan pendidikan, Dinas Pendidikan (Disdik) Ciamis mempunyai Tim Pencegahan Penanganan Kekerasan (TPPK). Kabid GTK...

DPRD Ciamis Bakal Terus Perjuangkan Sejumlah Anak Banjaranyar Bisa Sekolah di SMA Negeri

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- DPRD Ciamis akan terus berupaya untuk memperjuangkan sejumlah anak asal Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, supaya dapat masuk ke SMA Negeri. Komitmen itu...

DPRD Ciamis Bersama Pj Bupati Sepakati Dua Raperda Jadi Perda, Ada RPJPD 2025-2045

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- DPRD Ciamis bersama Pj Bupati Ciamis Engkus Sutisna sepakati dua Raperda jadi Perda. Keduanya menandatangani persetujuan bersama saat Rapat Paripurna DPRD...
IMG-20240721-WA0006
IMG-20240721-WA0006

Terpopuler

Lainnya