Selasa, Mei 28, 2024

Fenomena Bunga Bangkai Muncul Saat Musim Hujan di Ciamis

Ciamis (Djavatoday.com),- Intensitas hujan yang tinggi mengguyur wilayah Ciamis dan sekitarnya. Fenomena bunga bangkai di Ciamis terjadi setiap musim hujan. Bunga ini biasa muncul di kebun milik warga atau pekarangan rumah.

Seperti bunga bangkai dari tanaman suweg  kali ini ada di tanah milik Cahyo warga Cimamut, Desa Mekarjadi. Keberadaan bunga yang mengeluarkan bau tidak sedap ini memberi kesan tersendiri baginya.

“Menanamnya suweg sudah lama, namun hanya satu yang jadi bunga bangkai, sementara yang lain hanya tumbuh sebagai suweg biasa,” ujar Cahyo, saat ditemui di area pesawahan miliknya, Selasa (20/10/2020).

Cahyo mengatakan sangat bahagia dapat melihat lagi bunga bangkai ini. Pasalnya dia terakhir kali melihat bunga tersebut ketika masih kecil. Terlebih fenomena bunga bangkai kala musim hujan itu termasuk langka dan jarang terjadi pada tempat yang sama.

“Jelas senang, karena dari dulu nanam baru berhasil tumbuh bunga bangkai sekarang,” jelasnya.

Cahyo menuturkan saat ini bunga dengan nama  latin Amorphophallus ini belum mekar. Tingginya sekitar 30 sentimeter dengan lebar diameter sekitar 15-20 sentimenter.

“Belum mengeluarkan bau tidak sedap, karena bunganya belum mengembang dengan sempurna,” kata Cahyo.

Meskipun demikian lanjut Cahyo, warga sudah banyak yang berdatangan untuk melihat fenomena bunga bangkai ini.

“Mungkin karena langka dan baru pertama ada di wilayah ini banyak warga yang datang kesini, sekedar melihat atau hanya berfoto saja,” imbuhnya.

Fenomena kemunculan bunga bangkai ini  sering terjadi saat musim hujan di Ciamis setiap tahunnya. Namun faktanya tidak semua ditemukan dua kali pada tempat yang sama.

Pada tahun 2018, bunga bangkai ditemukan di Munjul, Buniseuri, Kecamatan Cipaku. Tak tanggung-tanggung di lokasi ini ditemukan 5 bunga sekaligus tersebar di kebun dan pekarangan rumah warga. Sedangkan tahun 2013, bunga bangkai ditemukan di Dusun Cibiru, Sadananya, Ciamis. (AY/Djavatoday)

Lomba Merpati Tingkat Nasional di Ciamis Berdampak Baik untuk Ekonomi Masyarakat

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Lomba burung merpati tingkat nasional seri 3 kembali digelar di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Kegiatan itu digelar Penggemar Merpati Tinggi Indonesia...

Pedas Nampol Seblak Bangsat Seuhah yang Viral di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Seblak adalah jajanan yang berasal dari Jawa Barat yang saat ini diminati banyak kalangan. Warung Seblak Bangsat Seuhah di Ciamis kini...

Hama Wereng Serang Sawah, Petani di Cigembor Ciamis Galau

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Puluhan hektar sawah di Kelurahan Cigembor, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, diserang hama wereng sejak beberapa pekan lalu. Para petani pun kini...

PSGC Ciamis Kandas di Babak 16 Besar Liga 3 Nasional Usai Ditekuk Persikabpas

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- PSGC Ciamis gagal melaju ke babak 8 besar Liga 3 Nasional. Pada pertandingan terakhir grup 2 babak 16 besar, PSGC Ciamis...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya