Sabtu, Maret 2, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Dua Eks Kades Diduga Korupsi, Wabup Ciamis: Sangat Prihatin

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Ciamis (Djavatoday.com),-Wakil Bupati atau Wabup Ciamis Yana D Putra menyatakan keprihatiannya atas dua mantan Kepala Desa di Kabupaten Ciamis terjerat hukum dugaan tindak pidana korupsi. Padahal Pemkab Ciamis tak pernah berhenti untuk mengingatkan agar hati-hati dalam menggunakan anggaran besar.

“Sangat prihatin. Tentunya ini harus menjadi perhatian dan cerminan bagi para Kepala Desa di Ciamis yang lainnya agar tidak melakukan hal yang melanggar hukum. Terutama dalam penggunaan anggaran di desa yang kini cukup besar,” ujar Yana kepada wartawan saat ditemui di halaman Setda Ciamis, Kamis (17/9/2020).

Wabup Ciamis mewanti-wanti kepada para Kepala Desa di Ciamis untuk menjalankan amanah rakyat dengan sebaik-baiknya. Karena jabatan merupakan kepercayaan dari rakyat terhadap seseorang, untuk itu jangan menghiatinya. 

“Lakukan semua kegiatan dengan aman dan sesuai dengan  aturan yang berlaku. Belum tentu hal yang menurut inisiatif baik tapi tidak sesuai dengan aturan maka dapat menjadi sebuah pelanggaran. Apapun kegiatannya harus sesuai dengan aturan,” tegas Yana.

Wabup Ciamis Yana pun menyatakan akan meningkatkan pembinaan dan bimbingan teknis kepada para kepala desa di Ciamis. Terutama memberikan pencerahan terkait penggunaan anggaran desa. Supaya tidak salah dalam menggunakannya. Jangan sampai anggaran itu juga dipakai untuk kepentingan pribadi.

Sebelumnya, Kejari Ciamis menahan dua mantan Kepala Desa di Ciamis yang diduga melakukan tindak pidana korupsi. Mantan Kades Panjalu RH diduga korupsi retribusi Situ Lengkong Panjalu Kerugian negara mencapai Rp 2 miliar. Kasus kedua, eks Kepala Desa Nagarajaya AH (50), Panawangan. Yang diduga menyelewengkan anggaran desa sampai Rp 500 juta.

“Supaya tidak terjadi lagi kades terjerat hukum. Kita akan fokus untuk bimbingan teknis dan pembinaan. Supaya para kades paham tentang aturan pengelolaan keuangan dan tidak melakukan hal yang aneh-aneh,” pungkasnya. (CN/Djavatoday)

Warga Baregbeg Ciamis yang Meninggal Dunia Akibat Terjangkit DBD Jadi 2 Orang

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dalam kurun waktu bulan Januari-Februari 2024, sebanyak 2 warga Baregbeg, Kabupaten Ciamis, meninggal dunia akibat terjangkit demam berdarah Dengue (DBD). Kepala Desa...

Tradisi Nadran di Situs Buyut Mangun Tapa Baregbeg Ciamis Bakal Digelar Meriah

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Masyarakat Desa Baregbeg, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, biasa melaksanakan Tradisi Nadran di Situs Buyut Mangun Tapa. Tradisi ini digelar setiap menjelang...

Bupati Ciamis Apresiasi Kerja Keras PKK Tanpa Imbalan untuk Pembangunan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bupati Ciamis Herdiat.Sunarya mengapresiasi kerja keras, kontribusi dan peran PKK dalam pembangunan di Tatar Galuh Ciamis. Hal itu Herdiat sampaikan saat...

Rapat Pleno Rekapitulasi Suara Pemilu 2024 Dimulai, Ini Pesan Bupati Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Rapat pleno terbuka rekapitulasi perolehan suara dan penetapan hasil Pemilu 2024 tingkat Kabupaten Ciamis mulai digelar. Kegiatan dilaksanakan di Lapang Tenis...
spot_img

Terpopuler

Lainnya