Senin, April 15, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

DKUKMP Ciamis Bimtek Kewirausahaan Pelaku Usaha dan Pemasaran Produk E-Commerce

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Puluhan pelaku usaha dari kalangan Milenial mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) kewirausahaan pelaku usaha dan pemasaran produk melalui e-commerce.

Kegiatan tersebut digelar di salah satu aula hotel di perkotaan Ciamis, Kamis (14/12/2023). Narasumber dalam bimtek kewirausahaan adalah dari pengurus HIPMI Ciamis. Termasuk hadir juga Ketua Dewan Pembina HIPMI Ciamis Nur Muttaqin.

Kepala DKUKMP Ciamis Asep Khalid Fajari melalui Sekretaris DKUKMP Ciamis Rina Takarina menyampaikan bimtek tersebut penting guna meningkatkan kemampuan pelaku usaha untuk memasarkan produknya.

Dalam era globalisasi sekarang ini, perkembangan teknologi informasi sangat cepat. Tuntutan pasar pun semakin kompetitif. Hal tersebut mengharuskan para pelaku usaha melakukan inovasi dan kreasi untuk mengembangkan usahanya. Sehingga mereka mampu bertahan dan memiliki daya saing.

“Perlu adanya fasilitas dan juga pembinaan untuk para pelaku usaha guna meningkatkan daya saing. Melalui peningkatan kualitas produk, desain, kemasan, merek hingga pemasaran dan kemitraan,” ungkap Rina.

Dina menjelaskan, para pelaku usaha di Ciamis sudah punya daya saing tinggi. Buktinya ada pada potensi produk pangan hasil produksi UKM yang memiliki keunggulan rasa.

“Kemasan menarik, legalitas produk yang lengkap bisa jadi dasar atau patokan supaya sapar masuk serta memasarkan produknya ke marketplace,” jelasnya.

Sehingga dalam mengembangkan usahanya para pelaku usaha mikro diharapkan dapat mengikuti dan memasuki era digitalisasi serta kreatif dan inovatif. Mereka harus dapat memanfaatkan teknologi informasi atau aplikasi dalam meningkatkan penjualan, diantaranya melalui marketplace.

“Para pelaku usaha di Ciamis juga harus senantiasa melakukan koordinasi dan bersinergi dengan instansi terkait seperti DPMPTSP, Dinas Kesehatan dan Kementerian Agama. Tujuannya dalam menyiapkan legalitas produk dan legalitas usahanya. Sehingga jaminan standar kualitas produk yang menjadi persyaratan untuk masuk marketplace dapat terpenuhi,” jelas Rina.

“Mudah-mudahan kegiatan ini memberikan manfaat untuk mengembangkan usahanya, meningkatkan penjualan serta bisa meningkatkan perekonomian masyarakat,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

5 Wisata Alam di Ciamis untuk Libur Lebaran yang Menarik Dikunjungi

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kabupaten Ciamis punya sejumlah wisata yang menyajikan keindahan alam dan menarik untuk dikunjungi. Di libur lebaran 2024 ini merupakan waktu yang...

Alun-alun Ciamis Jadi Alternatif Wisata Pemudik saat Libur Lebaran

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Alun-alun Ciamis nampak tak seperti biasanya yang ramai dengan pedagang dan pengunjung sejak pagi menjadi tempat wisata alternatif. Biasanya Alun-alun Ciamis...

7 Keluarga Korban Pergerakan Tanah di Panawangan Dapat Bantuan dari Dinsos Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Beberapa hari terakhir ini sejumlah daerah di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, dilanda bencana. Seperti pergerakan tanah di Desa Nagarapageuh, Kecamatan Panawangan...

Dinsos Ciamis Salurkan Bantuan Bagi 3 Keluarga yang Rumahnya Terendam Banjir saat Lebaran

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Sosial (Dinsos) Ciamis menyalurkan bantuan untuk 3 keluarga yang rumahnya terendam banjir di Kelurahan Ciamis pada saat hari H Lebaran....

Terpopuler

Lainnya