Rabu, Juni 19, 2024

Divonis 10 Tahun Penjara Oleh PN Ciamis, Kuasa Hukum M Kace Kecewa

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- M Kace, terdakwa kasus penistaan agama, divonis 10 tahun penjara oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Ciamis. Kuasa Hukum M Kace Martin Lukas Simanjuntak mengatakan vonis tersebut mengecewakan.

Menurutnya, vonis tersebut pun tidak adil bagi kliennya. Majelis Hakim tidak mempertimbangkan beberapa hal yang dapat meringankan M Kace. Seperti berprilaku baik selama persidangan, tulang punggung keluarga dan belum pernah terjerat hukum sebelumnya.

“Saya pikir, hampir mustahil tidak ada hal yang meringankan bagi klien kami. Padahal, terdakwa tidak pernah dipidana,” ujar Martin Lukas Simanjuntak, pengacara M Kace, Kamis (7/4/2022).

Pengacara M Kace pun membandingkannya dengan perkara lain. Padahal beberapa hal yang meringankan itu sudah menjadi kebiasaan. Menurut Kuasa Hukum M Kace, belum pernah terjerat hukum itu juga bisa meringankan.

“Tapi majelis hakim perpendapat lain. Majelis Hakim membenarkan M Kace tidak pernah terjerat hukum tapi Majelis Hakim memiliki pendapat lain. Pendapat lain ini yang membuat kami kecewa,” ungkapnya.

Menurut Martin, selama proses sidang juga M Kace berprilaku baik dan sopan. Hal ini juga yang seharusnya menjadi pertimbangan untuk meringankan. Alasan dari Majelis Hakim, terdakwa berpotensi menimbulkan disintegrasi bangsa. Sedangkan ada kasus lain pun menyebabkan hal serupa.

“Itu mengecewakan kami. Ayolah kita adil, terlepas dari salah atau benar. Kalau ada yang meringankan seharusnya jangan menganulir,” katanya.

Martin pun menduga vonis maksimal kepada M Kace ini sudah dipersiapkan. Martin juga berharap ke depan jangan sampai ada lagi peradilan yang menurutnya tidak memberikan keadilan bagi terdakwa.

“Selanjutnya, kami sesuai kesepakatan pikir-pikir dalam waktu dekat menentukan upaya berikutnya pada tujuh hari ini,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Masuk 3 Besar Penilaian Adminduk Prima Jabar, Ini Inovasi Disdukcapil Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Setelah masuk 3 besar pada penilaian Adminduk Prima Provinsi Jabar, Disdukcapil Ciamis mempunyai beberapa inovasi pelayanan online. Adapun salah satu inovasi tersebut...

Keren, Disdukcapil Ciamis Masuk 3 Besar Lolos Penilaian Adminduk Prima Provinsi Jabar

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Disdukcapil Ciamis, masuk 3 besar lolos penilaian dalam hasil seleksi administrasi Adminduk Prima Provinsi Jawa Barat. Pada kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah Ciamis,...

Bus dan Truk Kecelakaan di Ciamis, Arus Lalu Lintas Sempat Macet

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebuah bus dan mobil truk terlibat kecelakaan di Tanjakan Cibeka, Desa Karangkamulyan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis. Kecelakaan tersebut terjadi Selasa (18/6/2024) sekitar...

Pemkab Ciamis Imbau Panitia Kurban Bagikan Daging Tidak Pakai Kantong Plastik

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis mengeluarkan edaran Nomor : 600.4.15/1068-DPRKPLH. 03/2024 tentang pelaksanaan hari raya Idul Adha 1445/2024 Tanpa Sampah atau Kantong Plastik. Edaran...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya