Rabu, Juni 19, 2024

Disdukcapil Ciamis Imbau Warga Tatar Galuh Aktivasi Identitas Kependudukan Digital

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Era digitalisasi membuat hidup kini serba digital, termasuk dalam urusan administrasi kependudukan. Untuk itu, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Ciamis mengajak warga Tatar Galuh supaya melakukan aktivasi Identitas Kependudukan Digital.

Program tersebut tentunya penting dalam memudahkan berbagai urusan administrasi yang kini eranya serba digital. Masyarakat dapat lebih efisien dalam mengurus berbagai administrasi. Identitas Kependudukan Digital tersebut juga memudahkan masyarakat untuk mendapat akses berbagai layanan pemerintah. Mulai dari pendidikan, kesehatan, perbankan dan lainnya.

Kepala Disdukcapil Ciamis Yayan Muhamad Sopyan menjelaskan dalam mengaktifkan Indentitas Kependudukan, masyarakat terlebih dulu mendownload aplikasinya menggunakan hp android atau smartphone.

Untuk aktivasi, warga dapat mendatangi kantor Disdukcapil Ciamis atau juga bisa ke kecamatan masing-masing. Kemudian warga akan mendapat layanan dari petugas untuk memandu hingga proses aktivasi selesai.

“Bagi warga Tatar Galuh, install aplikasinya pada masing-masing smartphone. Untuk aktivasi atau daftar bisa langsung ke kantor Disdukcapil Ciamis atau kantor kecamatan terdekat. Gratis,” ungkap Yayan.

Dukungan dari masyarakat terhadap Identitas Kependudukan Digital sangat penting. Ciamis tentunya bakal menjadi bagian penting dari masa depan digitalisasi Indonesia semakin cemerlang.

Menurut Yayan, Disdukcapil Ciamis berkomitmen untuk mendukung transformasi digital di Indonesia. Salah satunya menuju Ciamis sebagai smart city.

Identitas Kependudukan Berbasis Digital adalah langkah konkret bagaimana teknologi dapat digunakan untuk memajukan administrasi publik. Dan juga memberikan manfaat langsung kepada masyarakat.

Langkah tersebut juga sebagai bukti komitmen pemerintah Indonesia dalam mewujudkan visi “Indonesia Maju” lewat inovasi dan transformasi digital. (Ayu/CN/Djavatoday)

Bus dan Truk Kecelakaan di Ciamis, Arus Lalu Lintas Sempat Macet

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebuah bus dan mobil truk terlibat kecelakaan di Tanjakan Cibeka, Desa Karangkamulyan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis. Kecelakaan tersebut terjadi Selasa (18/6/2024) sekitar...

Pemkab Ciamis Imbau Panitia Kurban Bagikan Daging Tidak Pakai Kantong Plastik

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis mengeluarkan edaran Nomor : 600.4.15/1068-DPRKPLH. 03/2024 tentang pelaksanaan hari raya Idul Adha 1445/2024 Tanpa Sampah atau Kantong Plastik. Edaran...

Idul Adha di Momen Hari Jadi Ciamis, Ini Pesan Pj Bupati Engkus

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ribuan warga Ciamis melaksanakan salat Idul Adha di Alun-alun Ciamis, Senin (17/6/2024). Momen Idul Adha kali ini menjadi lebih spesial karena...

Mengenal Batu Palinggih di Situs Astana Gede Kawali Ciamis, Tempat Melantik Raja Galuh

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebuah batu di Astana Gede Kawali, Kabupaten Ciamis, dipercaya peninggalan Kerajaan Galuh yang dinamakan Palinggih. Konon batu tersebut dulunya menjadi tempat...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya