Sabtu, Juni 15, 2024

Disdukcapil Ciamis Gencar Jemput Bola Rekam e-KTP Pemilih Pemula Jelang Pemilu 2024

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Disdukcapil Jabar melakukan monitoring perekaman e-KTP bagi para pemilih pemula dengan metode jemput bola. Seperti Disdukcapil Ciamis yang gencar jemput bola rekam e-KTP ke sekolah SMA dengan target para pemilih pemula jelang Pemilu 2024.

Selasa (6/2/2024), Disdukcapil Ciamis melaksanakan perekaman e-KTP di SMA N 1 Kawali. Ada 155 siswa yang melakukan perekaman berasal dari SMAN 1 Kawali, SMK Muhammadiyah Kawali dan SMAN 1 Limbung.

Kadisdukcapil Jawa Barat Berli Hamdani Gelung Sakti mengatakan pihaknya akan terus melakukan upaya bagi pemilih pemula sampai tanggal 8 Februari 2024. bagi pemilih pindah sesuai kesepakatan yang dilakukan dengan pihak KPU, tapi untuk perekamannya akan terus dilaksanakan sampai hari pencoblosan Pemilu 2024.

“Program jemput bola ini tidak hanya jelang pemilu saja. Tapi dilaksanakan jauh-jauh hari. Untuk Pemilu hasil kesepakatan kami dengan KPU sampai 8 Februari. Tapi perekamannya terus dilakukan,” katanya.

Berli memastikan blanko e-KTP masih aman karena merupakan program dari Kementerian Dalam Negeri.

“Kami tetap koordinasi mengusahakan pemilih pemula yang tanggal 13-14 Februari 2024 nanti bisa menyalurkan hak pilihnya,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Ciamis Yayan M Sufyan mengatakan target untuk perekaman e- KTP di Kabupaten Ciamis itu berdasarkan data dari Dapodik sebanyak 13.620. Namun berdasarkan data versi dari KPU itu ada sebanyak 21.312 pemilih pemula. Sedangkan yang sudah dilakukan perekaman baru 3.378 orang sehingga masih sangat jauh dari target.

“Kami baru melakukan perekaman e-KTP untuk pemilih pemula itu baru 3.3728 orang. Sehingga masih jauh dari target. Kami sudah melakukan jemput bola ke semua SMA yang ada di Kabupaten Ciamis sejak tahun kemarin. Namun terkendala dengan banyak siswa yang masih melakukan praktek lapangan,” ucapnya.

Disdukcapil Ciamis juga akan membuka layanan perekaman e-KTP untuk umum pada malam Sabtu dan Minggu yang bertempat di Alun-alun Ciamis. (Andra/CN/Djavatoday)

Rumah Lansia di Banjaranyar Ciamis Rusak Tertimpa Pohon Petai Tumbang

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Rumah Pardi seorang lansia berusia 79 tahun di Dusun Mekarsari, Desa Cikupa, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, rusak akibat tertimpa pohon petai...

Warga Sukadana Sambut Kepulangan Syifa Al Fadila, Pemain Timnas Voli U-18 Asal Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Warga beserta unsur pemerintahan Kecamatan Sukadana, Kabupaten Ciamis, menyambut kepulangan Syifa Al Fadila, Sabtu (15/6/2024). Gadis berusia 16 tahun asal Sukadana...

Bapenda Ciamis Buka Pelayanan di Galuh Digital Festival

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Ciamis membuka pelayanan pada acara Galuh Digital Festival atau GDF. Acara GDF sendiri berlangsung di Taman Lokasana...

Dua Warga Alami Luka Bakar Tersambar Api di Belakang SPPBE Ciharalang Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Nasib malang dialami dua warga Desa Ciharalang, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, yang mengalami luka bakar. Warga bernama Karman (81) dan Nanang...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya