Minggu, Februari 25, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Dinkes Ciamis Haruskan Ibu Hamil Tes HIV di Puskesmas

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Kesehatan Ciamis mencatat jumlah kasus HIV dari 2001-2020 sebanyak 562 kasus. Dari jumlah itu terdeteksi 18 ibu hamil (Bumil) terkena HIV dalam waktu 2014- 2020. Sedangkan ibu rumah tangga yang terindikasi HIV Positif sebanyak 54 kasus.

Kondisi tentunya cukup mengkhawatirkan, karena dari 18 ibu hamil positif HIV itu menularkan kepada 12 bayinya, sampai saat ini hanya 3 anak yang masih hidup. Kamis lalu, bahkan seorang bayi meninggal yang lahir dari ibu positif HIV.

Guna mencegah penularan dan kematian bayi akibat tertular HIV dari ibunya, Dinas Kesehatan dan Komisi Penanggulangan AIDS Ciamis menggelar promosi bulan tes HIV pada ibu hamil dari 18 November – 18 Desember 2020. Karena penularan HIV terjadi pada kehamilan, proses melahirkan maupun menyusui.

“Dari bulan ini Bumil harus cek HIV/AIDS di layanan Puskesmas semua bisa. Akan lebih bagus dilaksanakan pada trimester pertama kehamilan. Bila terindikasi bisa lebih mengefektifkan ARV, pengobatan selama 6 bulan bisa menurunkan risiko penularan ke bayi,” ujar Kabid Yankes Eni Rochaeni saat peluncuran bulan tes HIV bagi bumil di Aula PKK Ciamis, Selasa (17/11/2020).

Dinkes juga mensosialisasikan agar wanita produktif yang telah terinfeksi HIV agar menunda kehamilan sampai jumlah virusnya tidak terdeteksi. Dinkes Ciamis pun kerja sama dengan Kemenag melalui KUA melakukan pemeriksaan pada calon pengantin.

Sementara itu, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengajak kepada seluruh stakeholder untuk ikut mengkampanyekan terkait dengan HIV/AIDS. Kondisi di Ciamis cukup mengagetkan. Sekarang di Ciamis HIV tak hanya diidap oleh orang dewasa tapi juga anak.

“Tentu hal ini menjadi tanggung jawab bersama. Orang tua memperhatikan pergaulan anaknya. Semua pihak berkolaborasi memberikan kepada masyarakat, karena memberikan edukasi pemahaman ini tidak hanya di sekolah formal saja. Saya yakin dengan bekerjasama, HIV/AIDS di Ciamis tidak terus bertambah,” pungkasnya.  (CN/Djavatoday)

Simak! Jadwal 5 Tradisi Jelang Ramadan 2024 di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bulan Ramadan tinggal beberapa hari lagi. Menjelang Bulan Ramadan, ada berbagai tradisi budaya yang biasa digelar masyarakat Tatar Galuh Ciamis. Biasanya...

Dispar Ciamis Berlakukan Penyesuaian Tarif Tiket Masuk 4 Obyek Wisata

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Ciamis akan memberlakukan penyesuaian tarif tiket masuk di obyek wisata yang dikelola Pemkab Ciamis. Penyesuaian tarif itu...

Hadiri Kuliah Umum, Wabup Yana: STIKes Muhammadiyah Ciamis Berkontribusi Tingkatkan IPM

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra menghadiri kegiatan kuliah umum di STIKes Muhammadiyah, Sabtu (24/2/2024). Yana menyebut STIKes Muhammadiyah menjadi pilar...

Cerita Jembatan Cilokat di Buniseuri Ciamis yang Angker

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Jembatan Cilokat di Jalan Raya Ciamis-Kawali, tepatnya di Desa Buniseuri, Kecamatan Cipaku, dikenal angker. Konon di jembatan tersebut kerap terdengar suara...

Terpopuler

Lainnya