Selasa, Mei 21, 2024

Dinkes Ciamis Edukasi Keamanan Pangan ke Pelajar dan Pembina UKS

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Kesehatan Ciamis menggelar Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) tentang keamanan pangan kepada pelajar dan pembina UKS, Jumat (13/1/2023).

Aneka makanan kini banyak beredar terutama pada lingkungan sekolah. Untuk itu perlu masyarakat yang cerdas untuk memilih pangan atau makanan yang aman. Terutama makanan yang dikonsumsi oleh anak-anak sebagai generasi penerus.

“Kegiatan ini merupakan rangkaian dalam mewujudkan kepedulian Pemerintah Daerah untuk melindungi masyarakat dari cemaran berbahaya baik secara fisik, biologi maupun kimia,” ujar Kabid Kesmas Dinkes Ciamis Eni Rochaeni.

Sebelumnya, pihaknya pun telah memberikan edukasi dan pembinaan terhadap produsen makanan, hingga pedagang makanan. Hari ini giliran konsumen untuk mendapatkan informasi bagaimana memilih bahan makanan yang aman dan sehat.

“Cara pengolahan yang baik, komposisi sesuai anjuran serta bahan cemaran yang mungkin ada dalam makanan. Intinya kita berikan edukasi keamanan pangan,” ucap Eni.

Sekadar informasi, ada 3 cemaran dalam makanan, yakni fisik ketika ada kerikil, atom hekter. Cemaran biologis ada jamur hingga bakteri. Sedangkan cemaran kimia ada zat tambahan berbahaya, seperti pada Chikbul.

Eni pun menyebut kegiatan ini juga untu memperkuat chemistry antara guru UKS, duta sikeren hallo cinta dan guru UKS.

Sementara itu, Asda II Setda Ciamis Aef Saefulloh yang membuka kegiatan ini berpesan agar pemberian Komunikasi Informasi Edukasi ini dapat secara kontinyu dan lebih luas.

“Kehadiran guru pembina UKS dan siswa pada kegiatan harapannya dapat melakukan pengawasan, dan pendidikan terhadap pangan jajanan anak sekolah yang aman. Pendidikan pembiasaan dalam konsumsi pangan yang aman dan sehat sehingga kegiatan ini dapat terlaksana secara berkesinambungan,” kata Aef.

Dalam kegiatan ini disampaikan juga informasi terkait bahaya hidrogen cair pada cikbul yang sedang menjadi trending topik belakangan ini.

“Mari semua lebih cerdas dalam memproduksi, mengemas, mengedarkan dan mengkonsumsi makanan yang aman dan sehat. Perhatikan keamanan pangan,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Kafilah MTQ Berprestasi di Provinsi Dapat Tabungan Umrah dari Pemkab Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis memberikan uang kadeudeuh bagi Kafilah MTQ Ciamis yah berprestasi di tingkat Provinsi Jabar 2024. Uang kadeudeuh itu berupa tabungan...

Anggota Polres Ciamis Dites Urine, Kedapatan Pakai Narkoba Akan Disanksi Berat

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Anggota Polres Ciamis menjalani tes urine, Senin (20/5/2024). Tes urine tersebut digelar oleh Satuan Reserse Narkoba Polres Ciamis Polda Jabar. Semua...

Jelang Kejuaraan Sepakbola Dandim Ciamis Cup 2024, Kecamatan Baregbeg Seleksi Pemain

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Menjelang kejuaraan sepakbola Dandim Ciamis Cup 2024, Pemerintah Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis melakukan seleksi pemain. Kegiatan dilaksanakan di Lapangan Sepakbola Desa...

Pj Bupati Ciamis Ajak Masyarakat Gotong Royong Tangani Stunting

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pj Bupati Ciamis Engkus Sutisna mengajak masyarakat gotong royong menangani stunting. Hal itu Engkus sampaikan saat meresmikan Gedung Posyandu Bunga Mawar...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya