Rabu, Oktober 27, 2021

Curug Cimarinjung Sukabumi, Primadona Geopark Ciletuh Wajib Dikunjungi

Curug Cimarinjung Sukabumi merupakan salah satu destinasi wisata yang viral di media sosial karena keindahannya. Air terjun yang menjadi bagian dari kawasan Geopark Ciletuh ini bahkan memiliki aura yang megah dan eksotis. Para wisatawan yang berkunjung biasanya datang untuk berburu foto paling instagramable dengan background air terjun dan tebing.

Curug ini juga bisa menjadi alternatif liburan di saat pandemi karena tidak menyebabkan kerumunan. Bahkan pihak pengelola menerapkan protokol kesehatan yang ketat seperti mewajibkan memakai masker. Mereka juga menyediakan tempat untuk mencuci tangan dan hand sanitizer. Jadi, wisatawan tidak perlu khawatir lagi.

Sekilas Tentang Curug Cimarinjung Sukabumi

Baca juga:

Curug Cimarinjung Sukabumi terkenal dengan panoramanya yang megah berkat tingginya air terjun yang dikelilingi megahnya tebing. Ketinggian curug atau air terjunnya diperkirakan mencapai 50 meter. Aliran curug tersebut diapit oleh tebing bebatuan yang eksotis. Di depan air tejun terdapat dua bongkahan batu besar yang sering dijadikan spot foto favorit wisatawan.

Dinamakan ‘Cimarinjung’ karena lokasinya yang memang berada di Kampung Cimarinjung. Awalnya, curug ini seperti tersembunyi karena belum banyak yang mengetahui. Namun, keindahannya yang tersebar menjadikannya sebagai destinasi wisata di Geopark Ciletuh yang banyak disukai.

Daya Tarik Curug Cimarinjung

Daya tarik utama Curug Cimarinjung Sukabumi ini adalah airnya yang deras dan jernih. Jatuh dari ketinggian 50 meter dengan dikelilingi tebing yang eksotis memberikan kesan yang megah. Bahkan banyak wisatawan yang kagum akan panoramanya dan menyebutnya mirip dengan latar film Jurassic Park. 

Curug yang menghadap ke arah Samudera Hindia ini juga dikelilingi oleh pematang sawah dan hutan. Air yang jatuh dari atas menggenang sehingga membentuk telaga kecil dan mengalir ke sungai yang ada dibawahnya. 

Waktu terbaik mengunjungi Curug Cimarinjung Sukabumi adalah ketika awal musim kemarau. Di mana debit air berwarna jernih dan tidak terlalu deras tetapi tetap menghasilkan tempias yang cukup. Jika di musim hujan, debit air akan sangat deras dan warna air akan kecoklatan.

Aktivitas Seru di Curug Cimarinjung

Anda bisa melakukan aktivitas alam di curug ini. Seperti berenang tetapi jangan di bagian tepat turunnya air karena akan menimbulkan bahaya. Anda bisa berenang di telaga kecil dan sungainya. Anda bisa menikmati keindahan curug baik di bagian bawah atau di bagian atas dengan menaiki tangga. Tentunya, aktivitas berswafoto tak boleh dilewatkan.

Fasilitas Curug Cimarinjung

Curug Cimarinjung Sukabumi masih dikelola oleh masyarakat sekitar secara swadaya. Meskipun begitu, fasilitas yang disediakan cukup memadai. Seperti toilet, tempat berganti baju, tempat parkir, tempat aksesoris, dan warung-warung dengan harga makanan yang terjangkau. (Hal 2)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU