Minggu, Juli 14, 2024

Cuaca Ekstrim, DPRKPLH Ciamis Patroli Pohon di Jalan Rawan Tumbang

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Cuaca ekstrim hujan deras disertai angin kencang kerap melanda Ciamis, Jawa Barat, beberapa Minggu terakhir, yang mengakibatkan bencana alam. Termasuk pohon pinggir jalan tumbang hingga menimpa pengendara.

Guna mengantisipasi pohon tumbang, Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Ciamis menerjunkan tim menyasar pohon rawan tumbang.

Dengan menggunakan mobil truk crane kecil dan truk sampah, tim tersebut berkeliling di wilayah perkotaan Ciamis. Mereka memonitor pohon-pohon di jalan protokol dan jalan nasional yang berpotensi membahayakan pengendara.

Salah satunya di Jalan Ahmad Yani, petugas kebersihan memangkas pohon yang dianggap akan tumbang, bahkan nyaris mati. Dengan menggunakan gergaji mesin dan truk crane petugas langsung menebang pohon tesebut.

“Hari ini kita berpatroli menyasar pohon-pohon yang rawan tumbang. Seperti di Jalan Ahmad Yani ada beberapa pohon besar yang hanya tinggal ranting dan rawan tumbang, jadi kita lakukan tindakan,” ujar Kabid Kebersihan dan Pertamanan DPRKPLH Ciamis Giyatno melalui Kasi Pertamanan dan Pemakaman Carli Sutami, Senin (29/3/2021).

Sekadar diketahui, minggu-minggu sebelumnya sempat terjadi pohon tumbang menimpa sebuah mobil Honda Jazz di Jalan RE Martadinata Ciamis akibat cuaca ekstrim. Meski tidak menimbulkan korban jiwa, namun kendaraan mengalami kerusakan.

“Cuaca sekarang kan ekstrim, di Ciamis ini kebanyakan pohon pinggir jalan adalah jenis trembesi. Kalau tidak dilakukan pemangkasan khawatir tumbang apabila diterpa angin besar,” ungkap Carli.

Carli pun mengimbau kepada masyarakat untuk turut memangkas pohon besar yang berpotensi tumbang di sekitar rumahnya. (CN/AY/Djavatoday.com)

Cuaca Tak Menentu, Petani di Ciamis Galau Garap Lahan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Saat ini cuaca tak menentu sulit diprediksi. Hal tersebut membuat petani di Desa Pamalayan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, menjadi galau. Akibat...

Komisi D DPRD Ciamis Bahas Polemik PPDB SMA

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Komisi D DPRD Ciamis telah audiensi dari forum kepala desa (kades) dan orang tua di Kecamatan Banjaranyar terkait polemik pendaftaran peserta...

Petugas BPBD Berhasil Evakuasi Warga yang Masuk ke Sumur di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis melakukan evakuasi warga yang masuk sumur di Desa Dewasari. Peristiwa tersebut terjadi pada Sabtu (13/7/2024)....

Pantauan Harga Minyak Goreng di Pasar Manis Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemerintah melalui Kemendag akan menerapkan HET (harga eceran tertinggi) baru untuk minyak goreng Minyakita. Dari semula Rp 14 ribu menjadi Rp...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya